Ini Dia Part Penting di Injektor Mesin Diesel Common Rail, Apa Tuh?

Radityo Herdianto - Kamis, 4 Juni 2020 | 09:00 WIB
Ilustrasi BOSCH Diesel Injector Valve
Istimewa
Ilustrasi BOSCH Diesel Injector Valve

GridOto.com - Mobil dengan mesin diesel common rail mengandalkan tekanan tinggi aliran bahan bakar untuk proses pengabutan.

Injektor yang melakukan pengabutan bahan bakar ke ruang bakar mesin mengatur konsumsi bahan bakar yang efisien dengan output tenaga optimal.

Pada bagian injektor mesin diesel terdapat satu part yang cukup penting sebagai pengatur suplai bahan bakar saat proses pengabutan.

"Namanya diesel injector valve, dia mengatur timing aliran bahan bakar saat proses pengabutan ke ruang bakar mesin," buka Apin, pemilik bengkel Pelita Motor Mitsubishi kepada GridOto.com.

Lanjut Apin, di bagian dalam part ini terdapat klep buka-tutup yang bekerja menyesuaikan besaran tekanan aliran bahan bakar dari fuel pump dan jalur common rail.

Valve Fuel Injector di Mobil Mesin Diesel
Radityo Herdianto
Valve Fuel Injector di Mobil Mesin Diesel

Baca Juga: Muncul Asap Hitam di Knalpot Mobil Diesel, Dari Sini Penyebabnya

"ECU mesin akan menyesuaikan kalau tekanannya lebih rendah, klep akan membuka lebih besar supaya suplai bahan bakar ke ruang bakar tidak berkurang," jelas Apin.

"Sebaliknya kalau tekanan cukup tinggi, klep menyesuaikan bukaan untuk menjaga efisiensi bahan bakar yang dibakar sesuai dengan putaran mesin," sebut Apin.

Karena bahan bakar yang melewati jalur common rail mengandalkan tekanan tinggi, valve injector cukup sensitif terhadap kualitas bahan bakar.

"Kalau banyak sulfur atau kotoran di bahan bakar, lama-lama bisa menumpuk di valve injector dan menghambat bukaan klep," tutur Apin.

"Bukaan klep jadi tidak teratur, debit bahan bakar di ruang mesin cenderung kekurangan atau kelebihan, tenaga mesin jadi drop atau boros bahan bakar," tutup Apin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa