Biar Tahu, Ini Gejala Filter Bahan Bakar Mesin Diesel Harus Diganti

Radityo Herdianto - Selasa, 2 Juni 2020 | 13:00 WIB
Ilustrasi Ganti Filter Solar Mobil Diesel
Istimewa
Ilustrasi Ganti Filter Solar Mobil Diesel

GridOto.com - Filter bahan bakar diesel atau populer dipanggil filter solar pada mobil dengan mesin diesel wajib hukumnya untuk diganti secara berkala selama pemakaian.

Filter solar punya fungsi penting di mobil diesel untuk menyaring endapan kotoran dan kandungan air yang larut di dalam bahan bakar diesel.

Agar mudah diketahui, kenali gejala tanda yang muncul sebagai pertanda filter bahan bakar mobil diesel sudah harus diganti.

"Paling gampang dilihat dari asap hitam yang mulai keluar dari knalpot meskipun mesin dalam kondisi idle atau putaran rendah," buka Apin, pemilik bengkel spesialis Pelita Motor Mitsubishi kepada GridOto.com.

Menurut Apin, ini adalah pertanda residu kotoran sulfur dari bahan bakar diesel lolos dari penyaringan filter solar dan masuk ke saluran pengabutan bahan bakar mesin.

Filter Solar Toyota Hilux
Hansend
Filter Solar Toyota Hilux

Baca Juga: Awas, Salah Pakai Oli Mobil Bisa Ganggu Kerja Katup Variabel Mesin

Ketika bahan bakar disemprot injektor, kandungan sulfur akan ikut terbakar saat proses kompresi dan menghasilkan asap hitam.

"Gejala lain yang bisa dirasakan tenaga mesin drop, tarikannya berat, dan muncul gejala brebet atau ngelitik," ujar Apin.

Lanjut Apin, sulfur bisa mengendap yang lama-lama akan menyumbat sirkulasi bahan bakar dan injektor sehingga mengganggu pengabutan suplai bahan bakar ke ruang mesin.

"Di mobil diesel modern umumnya sudah ada indikator filter solar di panel instrumen atau layar MID, kalau menyala berarti peringatan sudah harus ganti," sebut Apin.

"Normalnya ganti filter solar itu setiap 20.000 km, tapi bisa lebih cepat atau lama tergantung kualitas bahan bakar diesel yang dipakai," tutur Apin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa