Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waduh! Ternyata Fogging Bukan Solusi untuk Basmi Virus di Kabin Mobil

Radityo Herdianto - Sabtu, 30 Mei 2020 | 15:00 WIB
ILUSTRASI. Proses Fogging Interior di Autoglaze Express
Autoglaze Indonesia
ILUSTRASI. Proses Fogging Interior di Autoglaze Express

GridOto.com - Pandemi virus corona yang masih terjadi di Indonesia menjadikan tren fogging kabin mobil semakin naik daun.

Fogging kabin mobil banyak dipercaya bisa membasmi virus corona yang cukup dikhawatirkan pemilik mobil.

Arief Hidayat, CEO Wealthy Group meluruskan salah kaprah pemilik mobil yang melakukan fogging kabin mobil sebagai solusi membasmi virus corona.

"Penerapan fogging untuk basmi virus di dalam kabin mobil saya harus katakan dengan terbuka bahwa itu salah total," tegas Arief dalam acara #Ngovi "Perawatan Mobil Selama PSBB" kepada GridOto.com.

Lanjut Arief, pada dasarnya fogging digunakan untuk membersihkan bakteri kuman atau kutu serangga di dalam kabin mobil, bukan untuk membasmi virus.

Proses Semprot Disinfektan di Kabin Mobil untuk Cegah Virus Corona
Radityo Herdianto
Proses Semprot Disinfektan di Kabin Mobil untuk Cegah Virus Corona

Baca Juga: Jangan Biarkan Bercak Jamur Menempel Lama di Kaca Mobil, Bahaya Sob!

"Bahan dasar yang digunakan adalah semprotan uap air yang sebenarnya biasa digunakan untuk agrikultur membasmi hama," jelas Arief.

Yang dikhawatirkan Arief uap air yang disemprotkan ke dalam kabin mobil malah terjebak dan mengendap di bagian-bagian terpencil seperti karpet, saluran AC mobil, atau panel interior.

"Dalam jangka waktu tertentu kabin mobil malah akan menjadi bau karena endapan air memunculkan bakteri yang memicu bau asam," terang Arief.

Arief menyarankan, jika ingin membasi virus di dalam mobil paling ampuh adalah menggunakan cairan air sanitizer bias digunakan untuk keperluan medis atau sanitasi rumah tangga.

"Dia punya kandungan ethanol sebagai zat aktif yang bisa membunuh virus, sifantnya langsung menguap di udara tidak mengendap turun," tekan Arief.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa