Sering Isi BBM Diesel Kualitas Rendah, Ini yang Terjadi Pada Mesin

Radityo Herdianto - Senin, 8 Juni 2020 | 11:00 WIB
Mesin diesel
Mesin diesel

GridOto.com - Mobil mesin diesel dikenal dengan ketangguhannya karena memiliki karakter mesin dengan torsi yang besar.

Salah melakukan perawatan pada mesin diesel bisa bikin performa mesin menurun signifikan yang mengurangi ketangguhan mobil.

Seperti kebiasaan pemilik mobil diesel yang mengisi bahan bakar mesin (BBM) diesel kualitas rendah bisa bikin tenaga mesin jadi loyo.

"Tenaga loyo karena proses pembakaran di ruang bakar mesin tidak maksimal yang dipicu oleh penyumbatan pada saluran bahan bakar mesin," ungkap Hans Steven, pemilik bengkel Speed'Z Performance kepada GridOto.com.

Penyumbatan ini terjadi karena adanya partikel kotoran dari bahan bakar diesel yang masuk ke jalur bahan bakar mesin dan injektor.

Suansa pengisian bahan bakar diesel untuk kendaraan besar seperti truck
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Suansa pengisian bahan bakar diesel untuk kendaraan besar seperti truck

Baca Juga: Pecah Ban Terjadi Gara-gara Kurang atau Kelebihan Tekanan Angin? Begini Penjelasannya Sob

"BBM diesel busuk itu sulfurnya tinggi yang bikin filter solar cepat kotor, kalau tidak langsung diganti kotoran jadi lolos masuk," terang Hans.

Kotoran yang berada di jalur bahan bakar mesin bisa menjadi endapan kerak yang menghambat tekanan aliran bahan bakar ke injektor sebelum proses pengabutan.

"Endapan kotoran kalau sampai masuk ke injektor juga akan mengurangi debit bahan bakar yang dikabutkan ke ruang bakar," lanjut Hans.

"Jadi jumlah bahan bakar di ruang bakar lebih sedikit, output tenaga dari hasil pembakaran juga jadi dibawah ideal yang bikin mesin jadi loyo," tekan Hans.

Hans menyarankan untuk melakukan purging mesin diesel untuk mengatasi penyumbatan saluran bahan bakar mesin, serta melakukan penggantian filter secara rutin lebih cepat jika masih sering pakai BBM diesel busuk.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa