Mobil Lawas Harus Pakai Bahan Bakar Oktan Rendah, Mitos Atau Fakta?

Radityo Herdianto - Jumat, 5 Juni 2020 | 13:00 WIB
Mercy E220 W124 Dimas, mewahnya gak kalah deh!
Mercy E220 W124 Dimas, mewahnya gak kalah deh!

GridOto.com Mobil lawas alias yanng sudah usia tua apakah harus pakai bahan bakar mesin (BBM) oktan rendah?

Sejatinya penggunaan bahan bakar oktan tinggi maupun rendah disesuaikan dengan spesifikasi kompresi mesin mobil.

Hans Steven, pemilik bengkel Speed'Z Performance Tangerang memiliki pandangan tersendiri terhadap penggunaan BBM oktan rendah di mobil lawas.

"Secara garis besar dilihat dulu mobil kalau sudah berumur, kondisi mesin masih sehat atau pernah bermasalah," tutur Hans kepada GridOto.com.

Menurut Hans, pemahaman banyak orang pada mobil yang sudah berumur mulai mengalami penurunan kompresi mesin tidak bisa dibenarkan sepenuhnya.

Honda Civic Wonder
Radit
Honda Civic Wonder

Baca Juga: Ini yang Harus Dilakukan Kalau Sering Isi BBM Diesel Kualitas Rendah

"Selama mesin terawat baik, tidak pernah mengalami kebocoran, atau kerusakan komponen di dalam, kompresi mesin tidak turun signifikan," tekan Hans.

Kalau kompresi mesin masih cenderung tinggi dan tetap menggunakan BBM oktan rendah tetap bisa terjadi knocking yang mengganggu proses pembakaran mesin.

"Yang dikhawatirkan kalau mobil sudah berumur sampai ratusan ribu kilometer, sewaktu terjadi knocking malah rentan rusak atau jebol," ujar Hans.

Lanjut Hans, mengingat komponen di dalam mesin memiliki batas usia pakai akan mengalami penurunan seiring penggunaan mobil yang sudah cukup lama dan tidak bisa dilihat kasat mata.

"Semakin tua mobil pasti semakin sensitif kalau ada kerusakan, kecuali kalau mau memang ganti satu gelondong mesin dengan isinya," tutup Hans.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa