Setiap Berapa Km Filter Bahan Bakar Diesel Diganti? Ini Jawabannya

Radityo Herdianto - Rabu, 3 Juni 2020 | 11:00 WIB
Ilustrasi. Filter Solar Mobil Diesel
Team-BHP.com
Ilustrasi. Filter Solar Mobil Diesel

GridOto.com - Untuk menjaga bahan bakar diesel yang masuk ke mesin tetap bersih, disinilah peran penting filter bahan bakar atau populer dipanggil filter solar.

Filter solar yang lumrah digunakan pengguna mobil diesel perlu diganti secara rutin untuk menjaga kinerja mesin tetap sehat.

Jangan tebak-tebak berhadiah, Anda pengguna mobil mesin diesel harus tahu penggantian filter solar setiap berapa kilometer.

"Filter solar diganti setiap 20.000 km atau setiap dua kali servis berkala, sekali ganti filter solar," tutur Apin, pemilik bengkel spesialis Pelita Motor Mitsubishi kepada GridOto.com.

Namun Apin menekankan rentang waktu penggantian ini berlaku jika pemilik mobil selalu menggunakan bahan bakar diesel dengan cetane number tinggi.

Filter Solar
Radityo Herdianto
Filter Solar

Baca Juga: Awas, Salah Pakai Oli Mobil Bisa Ganggu Kerja Katup Variabel Mesin

"Karena kandungan sulfurnya sedikit, kerja filter solar masih normal untuk menjaga bahan bakar yang masuk ke mesin tetap bersih sepanjang pemakaian 20.000 km," terang Apin.

Faroni, Service Advisor Mitsubishi Dipo Slipi juga menekankan pemakaian bahan bakar diesel dengan cetane number rendah mempersingkat rentang waktu penggantian filter solar.

"Sulfurnya banyak membuat filter solar lebih cepat kotor, ditambah banyak air juga jadi penyaringannya kurang karena saringan di dalam filter lebih cepat basah," jelas Faroni.

Menurut Faroni, bila pengguna mobil sering memakai bahan bakar diesel kualitas rendah, interval penggantian bisa lebih cepat dari setiap 5.000 km sampai 10.000 km.

"Selalu ikuti pedoman perawatan berkala, penggantian filter solar juga harus diimbangi dengan kualitas bahan bakar diesel yang digunakan," sebut Faroni.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa