Sambil Nunggu Buka Puasa, Begini Cara Isi Air Aki Mobil yang Tepat

Radityo Herdianto - Sabtu, 16 Mei 2020 | 17:00 WIB
Ilustrasi Aki mobil bekas
Dylan Andika/GridOto.com
Ilustrasi Aki mobil bekas

GridOto.com - Tanpa menguras tenaga, Anda bisa lakukan perawatan ringan pada mobil saat bulan puasa selama masa PSBB ini.

Jika Anda menggunakan aki mobil jenis aki basah, jangan sampai mengecek ketinggian air aki juga jadi ikut puasa, Sob.

Sambil menunggu buka puasa, Anda bisa pelajari bagaimana cara mengisi air aki mobil yang tepat yang bisa dicoba langsung di rumah.

"Air aki seharusnya diisi waktu suhu mesin panas untuk menunjukkan kondisi aktual aki mobil yang sedang bekerja," terang Anggy, kepala bengkel Shop & Drive Tubagus Angke kepada GridOto.com.

Untuk itu Anda perlu menyalakan mesin mobil sampai suhu optimal, sekaligus juga memanaskan mesin mobil yang mulai jarang dipakai.

Ilustrasi Aki Basah
Dipo
Ilustrasi Aki Basah

Baca Juga: Salah Kaprah Dalam Merawat Karet Eksterior Mobil, Kamu Salah Satunya?

"Bisa sambil nyalakan AC, audio mobil, atau lampu selayaknya mobil saat dipakai supaya aki benar-benar bekerja," lanjut Anggy.

Jika sudah mencapai panas optimal, Anda bisa matikan mesin mobil dan buka penutup sel untuk mengisi air aki.

"Itu kan masih panas jadi harus hati-hati, kalau takut bisa tutup pakai handuk atau kain untuk buka penutup sel-nya," tutur Anggy.

Tuangkan air aki dari setiap lubang sel aki mobil sampai batas garis maksimal, bisa juga sambil bersihkan bagian penutup sel jika ada endapan kotoran.

"Biasanya kalau ditinggal lama nanti airnya turun sedikit, jangan ditambah lagi karena waktu mobil menyala akan naik kembali," ujar Anggy.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa