Salah Kaprah Dalam Merawat Karet Eksterior Mobil, Kamu Salah Satunya?

Radityo Herdianto - Jumat, 15 Mei 2020 | 12:00 WIB
Ilustrasi bagian karet kaca Honda Brio
Dylan Andika/GridOto.com
Ilustrasi bagian karet kaca Honda Brio

GridOto.com - Karet eksterior mobil seperti lis karet kaca atau lis karet di bemper menjadi bagian yang cukup terekspos langsung panas sinar matahari dan cuaca.

Perlu menjadi perhatian khusus bagi para pemilik mobil untuk selalu merawat karet eksterior dengan benar agar tidak mudah kusam dan getas.

Arief Hidayat, CEO Wealthy Group, dalam acara #Ngovi tentang "Perawatan Mobil selama PSBB" (8/5) mengungkapkan salah kaprah yang sering terjadi saat pemilik mobil merawat karet eksterior mobil.

"Banyak orang menganggap karet ini harus selalu tetap terlihat bersih, mengilap, dan warna hitam pekatnya bisa awet," buka Arief kepada GridOto.com.

Menurut Arief, pemikirian ini justru sering menjerumuskan pemilik mobil melakukan kesalahan seperti menggunakan cairan dressing karet semir ban.

Produk Cairan Silikon dari Wealthy, Wealthy Silicone Spray
Radityo Herdianto
Produk Cairan Silikon dari Wealthy, Wealthy Silicone Spray

Baca Juga: Ungkap Rahasia Fungsi Lain dari Air Radiator Selain Meredam Panas

"Memang lebih praktis bikin warna lebih hitam, tapi kalau terjemur panas matahari malah jadi lengket dan kaku, kotoran juga lebih mudah nempel," terang Arief.

Arief menekankan, prinsip utama dalam merawat karet eksterior mobil adalah menjaga kebersihan dengan mempertahankan kelembaban atau kekenyalan karet.

"Karena masalah utama karet itu getas, kalau sampai getas air dari luar bisa masuk, sehingga kekenyalan karet harus dijaga," tutur Arief.

Produk cairan silicone spray dinillai yang paling ampuh karena senyawa silikon mampu meresap ke dalam karet dan melindungi karet menjadi kering saat terkena panas atau oksidasi.

"Yang penting karet eksterior itu bersih dan kenyal, tidak perlu sampai harus di-dressing sampai terlihat hitam mengilap," tegas Arief.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa