Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners: Buat Kaum Hawa, Ini Bahaya Mengemudi Pakai High Heels

Radityo Herdianto - Kamis, 14 Mei 2020 | 12:00 WIB
Ilustrasi Memakai High Heels di Mobil
https://www.videoblocks.com/
Ilustrasi Memakai High Heels di Mobil

GridOto.com - Apapun yang kita kenakan di tubuh saat mengemudi ternyata juga punya pengaruh terhadap keselamatan dan keamanan berkendara.

Terutama bagi kaum hawa yang seringkali ditemukan menggunakan sepatu jenis high heels saat mengemudi mobil.

Ini bahaya yang bisa terjadi ketika mengemudi mobil menggunakan sepatu high heels yang perlu diperhatikan para kaum hawa.

"High heels membuat tungkai kaki jadi lebih jauh dari lantai mobil, dimana seharusnya tungkai kaki harus menempel sedekat mungkin dengan lantai," terang Adrianto Sugiarto Wiyono, Dosen Transportasi Politeknik APP Jakarta juga selaku Senior Instructor Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC) kepada GridOto.com.

Jarak tungkai dengan lantai yang menjauh akan mengurangi kekuatan injakan kaki pengemudi terhadap pedal-pedal mobil sehingga berisiko menimbulkan kecelakaan.

Silhouette of female legs in high heels coming to car, prostitution, sex tourism
Motortion
Silhouette of female legs in high heels coming to car, prostitution, sex tourism

Baca Juga: Street Manners: Bahaya Mengemudi di Bawah Pengaruh Minuman Alkohol

"Misalkan saat mengerem, kekuatan injakan pedal rem lebih lemah karena terhalang tingginya high heels, jadinya telat mengerem," tutur Adrianto.

Lanjut Adrianto, memakai high heels juga akan menciptakan efek kaki jinjit yang membuat pergerakan engkel kaki jadi terbatas.

"Ketika dihadapkan antisipasi cepat antara mengerem atau berakselerasi, pengemudi jadi sulit memindahkan kaki yang malah menimbulkan kepanikan," terang Adrianto.

Munculnya kepanikan ditambah kesulitan pengemudi memindahkan kaki inilah yang kerap kali membuat kaki jadi tersangkut di pedal.

"Pakailah sepatu yang sol-nya rata supaya telapak kaki mudah merasakan injakan pedal dan bisa berpindah tanpa ada halangan saat harus antisipasi cepat," tekan Adrianto.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa