Street Manners: Bahaya Mengemudi di Bawah Pengaruh Minuman Alkohol

Radityo Herdianto - Jumat, 8 Mei 2020 | 12:00 WIB
Ilustrasi mengemudi di bawah pengaruh alkohol
newspress.co.uk
Ilustrasi mengemudi di bawah pengaruh alkohol

 

GridOto.com - Kesehatan pengemudi mobil baik secara fisik maupun mental menjadi kunci utama dalam keselamatan berkendara di jalan raya.

Seperti pengemudi mobil yang berada di bawah pengaruh minuman alkohol kerap kali menjadi penyumbang angka kecelakaan lalu lintas.

Seberapa bahaya kandungan alkohol dari minuman keras yang memengaruhi pengemudi mobil sampai bisa menjadi bahaya dan menyebabkan kecelakaan?

"Pengemudi jadi tidak bisa fokus dan responsnya lambat karena menurunnya fungsi susunan saraf dari pengaruh senyawa alkohol," terang dokter Ratih Rosalina dari Iora Dermatology Clinic kepada GridOto.com.

Lanjut dokter Ratih, kadar alkohol yang cukup banyak di dalam tubuh juga akan mengubah susunan kimia otak neurotransmitter dalam mengatur kinerja berbagai sistem tubuh.

Ilustrasi. Mengemudi Harus Dalam Keadaan Fokus 100 Persen
Agus Salim
Ilustrasi. Mengemudi Harus Dalam Keadaan Fokus 100 Persen

Baca Juga: Memanaskan Mobil Matik Sebaiknya Tuas Tetap di P, Ternyata Karena Ini

"Ini akan berdampak pada kesulitan konsentrasi, hilangnya kemampuan visual seperti pandangan kabur, serta kurangnya kemampuan mendengar, halusinasi hingga hilang kesadaran bagi pengemudi," jelas dokter Ratih.

Hal serupa juga diungkapkan Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengenai bahaya pengaruh alkohol saat mengemudi.

"Biasanya orang di bawah pengaruh alkohol sudah tidak bisa menjaga keseimbangan diri sendiri, apalagi kalau harus mengontrol kendaraan," tekan Sony saat dihubungi GridOto.com.

Menurut Sony, kondisi ini membuat pengemudi cenderung sulit mengambil keputusan saat berhadapan dengan suatu bahaya, bahkan tidak menyadari saat terjadi kecelakaan.

"Mengemudi mobil wajib fit dan fokus 100 persen sehingga bisa responsif terhadap situasi sekitar," tutur Sony.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa