Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cari Kegiatan Lain Selama WFH, Ini Tips Cuci Kolong Mobil di Rumah

Radityo Herdianto - Kamis, 16 April 2020 | 20:00 WIB
Ilustrasi. Cuci Kolong Mobil Sendiri di Rumah
Radityo Herdianto
Ilustrasi. Cuci Kolong Mobil Sendiri di Rumah

GridOto.com - Untuk menghilangkan rasa jenuh karena selalu di rumah selama Work From Home (WFH), Anda bisa lakukan aktivitas lain seperti mencuci mobil.

Tidak hanya sekedar cuci mobil di bagian bodi mobil, tetapi Anda juga bisa beranjak ke bagian kolong mobil yang terkadang jarang dijangkau.

Berikut tips cuci mobil bagian kolong supaya mobil bisa lebih bersih secara menyeluruh selama masa WFH.

Anda bisa gunakan dongkrak mobil untuk membantu jangkauan area yang sering kotor seperti kaki-kaki mobil, kolong bemper, atau kolong ruang mesin.

Karena dongkrak hanya ada satu, Anda bisa lakukan pembersihan secara bertahap di setiap sudut area sekitar roda mobil yang sedang terangkat.

Ilustrasi. Titik tumpuan dongkrak bagian belakang pada Honda Brio
Dylan Andika/GridOto.com
Ilustrasi. Titik tumpuan dongkrak bagian belakang pada Honda Brio

Baca Juga: Suara Bising yang Dihasilkan Ban Mobil, Ternyata dari Sini Asalnya

Kalau memiliki alat pompa air tekanan tinggi, Anda bisa gunakan untuk membantu merontokkan endapan kotoran yang besar dan mengendap.

Anda bisa semprotkan terutama di bagian yang sulit dijangkau dan terdapat celah untuk endapan kotoran seperti as roda, rack steer, atau jalur knalpot.

Namun jika hanya menggunakan selang biasa, cukup bersihkan hanya di bagian yang bisa dijangkau seputar roda menggunakan sikat keras karena cukup berbahaya bila Anda sampai harus ngolong untuk mencuci kolong mobil dalam posisi sedang didongkrak.

Tidak seperti bodi mobil, di bagian kolong mobil Anda bisa gunakan sabun deterjen karena sifatnya yang korosif bisa membantu melunakkan kotoran yang sulit rontok.

Setelah selesai, Anda bisa nyalakan mesin mobil agar suhu panas yang dihasilkan dari mesin bisa membantu proses pengeringan sekaligus juga untuk memanaskan mesin mobil. 

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa