Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suara Bising yang Dihasilkan Ban Mobil, Ternyata dari Sini Asalnya

Radityo Herdianto - Rabu, 15 April 2020 | 10:00 WIB
Ilustrasi. Blok Kembangan Ban Mobil
Radityo Herdianto
Ilustrasi. Blok Kembangan Ban Mobil

GridOto.com - Semakin baru ban mobil biasanya suara bising (road noise) yang dihasilkan cenderung lebih rendah atau kedap.

Seiring usia pakai, semakin lama ban mobil akan semakin menghasilkan suara bising yang semakin tinggi dan terasa hingga ke dalam kabin.

Ternyata dari sini sumber suara bising yang semakin besar dihasilkan oleh ban mobil. 

"Kembangan ban mengalami deformasi atau perubahan struktur karena gaya gesek antara tapak ban dengan permukaan jalan," ujar Wibowo Santosa, pemilik bengkel spesialis Permaisuri Ban kepada GridOto.com.

Kalau dilihat sejajar, kembangan ban terdiri dari blok-blok yang dipisah-pisah oleh dinding celah alur ban dengan permukaan yang rata mengikuti bentuk bulat ban.

Jalur Air dan Alur Ban Mobil
Radityo Herdianto
Jalur Air dan Alur Ban Mobil

Baca Juga: Mobil Jarang Dipakai Saat WFH, Cegah Karet dari Getas dengan Mudah

Dalam kondisi ban mobil masih baru, luas area kontak permukaan atas blok kembangan ban sepenuhnya menempel ke permukaan jalan.

"Karena putaran ban dan gaya gesek, terjadilah perubahan bentuk blok kembangan ban yang tadinya terlihat tegak menjadi seperti ketarik ke belakang," terang Wibowo.

Karena perubahan blok yang menjadi miring juga merubah posisi kemiringan permukaan atas blok kembangan ban, kalau dilihat sejajar tapak ban cenderung tidak rata.

Luas area kontak yang sebelumnya merata, karena adanya proses deformasi hanya bagian ujung sudut blok kembangan yang bisa menempel ke permukaan jalan.

"Ujung-ujungnya ini sewaktu ban berputar menghasilkan suara bising, sehingga ban perlu dirotasi setiap 10.000 km setidaknya mengembalikan posisi deformasi mendekati kondisi normal untuk meminimlisir suara bising," jelas Wibowo.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa