Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Terpaksa Keluar, Apakah Mengemudi Mobil Harus Menggunakan Masker?

Radityo Herdianto - Rabu, 15 April 2020 | 07:12 WIB
Masker Bowin N99
Adam Samudra
Masker Bowin N99

GridOto.com - Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), aktivitas masyarakat Indonesia dibatasi untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tidak terkecuali bila terpaksa keluar, jumlah orang yang berada di dalam mobil harus dibatasi dengan berjaga jarak.

Meski mengemudi mobil di dalam kabin tertutup, baik pengemudi ataupun penumpang harus tetap memakai masker.

"Sangat perlu, gunanya untuk melindungi diri dan orang lain yang ada di dalam mobil dari droplet yang keluar dari mulut seperti berbicara atau bersin agar tidak terbang," tekan Dokter Ratih Rosalina dari Iora Dermatology Clinic kepada GridOto.com.

Jika tidak menggunakan masker, droplet yang menjadi tempat virus berada berpotensi besar menempel di bagian interior mobil seperti dashboard, setir, atau jok mobil.

Ilustrasi hand sanitizer, tisu, dan masker di mobil
Dwi Wahyu R./GridOto.com
Ilustrasi hand sanitizer, tisu, dan masker di mobil

Baca Juga: Ngoprek Santuy Saat WFH, Merawat Mekanisme Sunroof Agar Tetap Lancar

"Kalau sudah menempel, sangat mungkin bisa dipegang atau tersentuh langsung oleh orang lain kalau mau pakai mobilnya lagi, risiko penularan menjadi tinggi," terang Dokter Ratih.

Begitu juga dengan aktivitas keluar masuk pemilik mobil yang berpeluang besar virus Corona bisa masuk ke dalam mobil seperti di karpet mobil atau door trim.

Dengan menggunakan masker, setidaknya droplet yang secara tidak sengaja masuk ke dalam kabin mobil tidak bisa langsung masuk ke hidung atau mulut.

"Mengingat kabin mobil tertutup, ada sirkulasi AC juga yang bisa membuat droplet berputar di sekitar ruang kabin mobil," jelas Dokter Ratih.

Dokter Ratih menyarankan selain penggunaan masker saat mengemudi, pemilik mobil tetap menjaga asupan vitamin yang cukup dan menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan agar tidak mudah tertular.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa