Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Sering Kena Macet, Oli Mesin Lebih Cepat Diganti? Ini Faktanya

Radityo Herdianto - Selasa, 14 April 2020 | 20:00 WIB
Ilustrasi. Kemacetan Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Tol Kebon Jeruk
Billy
Ilustrasi. Kemacetan Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Tol Kebon Jeruk

GridOto.com - Untuk menjaga performa mesin mobil, oli mesin wajib diganti secara rutin sesuai dengan interval penggantian yang disarankan.

Oli mesin bekas yang diganti dengan baru akan menjaga daya lubrikasi komponen di dalam mesin mobil sehingga bisa lebih tahan lama.

Untuk mobil yang sering kena macet, apa benar penggantian oli mesin jadi lebih cepat dari interval penggantian normal?

"Jarak tempuh mobil yang sering kena macet sebenarnya tidak sesuai dengan kondisi faktual mesin mobil itu sendiri," ujar Edwin Dwi Novianto, Service Head Auto2000 Permata Hijau kepada GridOto.com.

Menurut Edwin, mobil yang sering terkena macet cenderung diam atau bergerak lambat kondisi stop and go, dimana mesin mobil tetap bekerja normal.

Ilustrasi mengisi oli mesin
ryan/gridoto.com
Ilustrasi mengisi oli mesin

Baca Juga: Mobil Jarang Dipakai Saat WFH, Cegah Karet dari Getas dengan Mudah

Ini menandakan oli mesin akan tetap terus bersirkulasi melakukan proses pelumasan komponen internal yang sedang bekerja dan bergesekkan meski mobil dalam kondisi diam.

"Oli mesin jadi lebih cepat jenuh dan seharusnya perlu diganti, meskipun jarak tempuh mobil belum mencapai interval penggantian normal," tekan Edwin.

Lanjut Edwin, meskipun mobil mencapai jarak tempuh interval penggantian oli, tetapi daya daya lubrikasi sudah berkurang jauh sebelumnya yang berpotensi merusak mesin dalam jangka panjang.

"Setiap pabrikan mobil biasanya menetapkan penggantian oli setiap 10.000 km, itu juga sebenarnya dengan catatan kalau mobil melaju konstan dan normal," terang Edwin.

Edwin menyarankan, bila mobil sering melewati rute macet setidaknya penggantian oli mesin lebih cepat setengah dari interval penggantian normal demi menjaga keawetan mesin mobil.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa