Jelang Penerapan Zero ODOL, Ratusan Truk Besar di Tol Cipularang Terjaring Razia

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 16 Maret 2020 | 07:32 WIB
Ilustrasi Razia ODOL
Tribun Jabar/Ahmad Imam Baehaqi
Ilustrasi Razia ODOL

GridOto.com - Ratusan truk yang membawa muatan berlebih terjaring razia dalam operasi Over Dimension and Over Load (ODOL) di Tol Cipularang KM 120 B, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam beberapa hari terakhir.

Operasi ODOL yang dilaksanakan oleh tim gabungan dari Polda Jabar, Polres Cimahi, TNI, Jasa Marga hingga Dinas Perhubungan ini dilakukan sejak 9 Maret 2020 dan rencananya akan berlangsung hingga 9 April 2020.

Kepala Bagian Operasi (KBO) Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar, mengatakan, operasi tersebut sebagai langkah awal sebelum diterapkan program Zero ODOL yang resmi diberlakukan pada 1 Januari 2023.

"Dalam operasi itu, rata-rata kendaraan truk besar yang kita periksa setiap harinya mencapai 100 lebih," ujar Duddy, dikutip dari TribunJabar.com, Minggu (15/3/2020).

(Baca Juga: Dari Semua Negara di ASEAN, Cuma Indonesia Belum Tuntaskan ODOL)

Data terakhir pada pada Kamis (12/3/2020) sebanyak 102 truk angkutan barang terjaring pada razia tersebut. Hasilnya, sebanyak 47 kendaraan melanggar dari mulai overload, over dimensi hingga kelengkapan dokumen perjalanan.

"Para pelanggar diberikan sanksi beupa penilangan, ada yang ditilang STNK, SIM hingga disita buku uji KIR," katanya.

Duddy mengtakan, teknis penertiban truk ODOL di wilayah hukum Polres Cimahi itu hanya dilakukan di KM 120. Artinya, semua truk yang masuk dari Gerbang Tol Cileunyi, Padalarang, hingga Baros akan terjaring dan dilakukan pemeriksaan.

"Kendaraan besar semuanya masuk ke tempat yang sudah disipakan, nanti ada timbangan khusus dan alat khusus untuk mengukur," katanya.

(Baca Juga: Berlaku Tahun 2023, Begini Upaya UD Trucks Menanggapi Regulasi ODOL)

Kemudian jika truk tersebut melanggar overload dan over dimensi, maka personel gabungan akan memberikan sanksi dan mengintruksikan langsung keluar melalui Exit Tol Cikamuning.

"Nanti di Exit Tol Cikamuning ada petugas, nanti diarahkan agar kendaraan itu ke jalur arteri semua," ucap Duddy.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Ratusan Truk Besar di Tol Padaleunyi Terjaring Razia, Jelang Diterapkannya Zero ODOL

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa