Hino Luncurkan Truk Baru Sepanjang 12 Meter, Anti-ODOL dan Mampu Bawa Beban 15 Ton

Harun Rasyid - Kamis, 5 Maret 2020 | 18:35 WIB
Hino Ranger FG 235 JU
Harun/GridOto.com
Hino Ranger FG 235 JU

GridOto.com - Dalam pameran GIICOMVEC 2020, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memperkenalkan truk medium duty terbaru dengan berpenggerak roda 4x2.

Truk medium duty yang dihadirkan HMSI yaitu Hino Ranger FG 235 JU, menyasar kalangan pebisnis yang ingin memaksimalkan keuntungan tanpa melanggar larangan Over Dimesion Over Load (ODOL).

Hino Ranger FG 235 JU memiliki dimensi panjang 11.950 mm yang difungsikan untuk kendaraan pengangkut kendaraan bermotor baik mobil maupun motor.

Dengan ruang kargo sepanjang 9,8 meter dan wheelbase 7.030 mm, Hino Ranger FG 235 JU dapat membawa 54 unit motor atau 4 unit mobil sekaligus.

(Baca Juga: Enggak Kuat Nanjak, Truk Tronton Hino Terguling dan Menutup Sebagian Jalan. Begini Tips Supaya Kendaraan Kuat Menanjak)

Truk tersebut juga mampu mengangkut beban maksimal hingga 15,1 ton.

Untuk fitur keselamatan, Hino Ranger FF 235 JU dilengkapi sistem pengereman Full Air Brake System, Rear Camera untuk membantu pengemudi melihat kondisi bagian buritan truk ketika parkir atau mundur.

Tampak samping kargo muatan Hino FG 235 JU
Harun/GridOto.com
Tampak samping kargo muatan Hino FG 235 JU


Demi melihat blind spot, truk terbaru dari Hino ini pastinya dilengkapi side under mirror, ditambah seat air suspension untuk kenyaman ekstra bagi pengemudi.

Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI mengatakan, hadirnya Hino Rangwr FG 235 JU dapat menjadi solusi bagi para pengusaha yang bermasalah dengan regulasi ODOL.

(Baca Juga: Aturan ODOL Ditunda, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Bilang Ini)

"Kehadiran Ranger FG 235 JU ini menjadi solusi bagi para pebisnis yang memilki persoalan dengan truk mereka terkait regulasi ODOL, maka truk ini cukup efisien dan efektif dalam bisnis logistik. Apalagi truk ini punya kapasitas dan wheelbase terpanjang di kelasnya," jelas Masato, Kamis (5/3/2020).

Dalam peluncurannya, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Dewanto Purnacandra juga menyerahkan Surat Registrasi Uji Tipe (SRUT) beserta Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB).

Penyerahan dokumen SRUT dan SKRB ke HMSI
Harun
Penyerahan dokumen SRUT dan SKRB ke HMSI


Sebagai bentuk dukungan dari kampanye Zero ODOL, Hino telah mengembangkan truk tipe lainnya seperti Ranger 8x2 cargo, 6x2 Tractor Head yang dirancang mengikuti regulasi yang berlaku.

Mengenai harga, pihak HMSI belum bisa menyebutkan banderol resmi Hino Ranger FG 235 JU, karena rencananya truk tersebut baru dipasarkan pada semester 2 tahun ini.

(Baca Juga: Pengusaha Wajib Tahu, Sebenarnya ODOL Sama Sekali Tidak Menguntungkan!)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa