Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyandang Disabilitas Juga Bisa Ikut Uji Praktik SIM, Pakai Kendaraan Ini

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 15 November 2019 | 14:48 WIB
Mustain (40) saat sedang melaksanakan uji praktek SIM D di ruang uji Unit Regident Satlantas Polres Tegal, Jumat (15/11/2019)
Tribun Jateng/ Akhtur Gumilang
Mustain (40) saat sedang melaksanakan uji praktek SIM D di ruang uji Unit Regident Satlantas Polres Tegal, Jumat (15/11/2019)

GridOto.com - Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib dimiliki semua orang yang menggunakan kendaraan bermotor, tak terkecuali para penyandang disabilitas.

Sebagai syarat untuk mendapatkan SIM, pemohon terlebih dahulu harus melewati praktik uji SIM.

Seperti terlihat di Mapolres Tegal pada Jumat (15/11/2019) pagi, para penyandang disabilitas melaksanakan uji praktik mengemudi kendaraan beroda tiga.

Maksud uji praktik itu bertujuan penerbitan SIM D yang khusus diberikan kepada para penyandang disabilitas.

Kasubag Humas Polres Tegal, Iptu Slamet Rosyid menuturkan giat itu tindak lanjut pelatihan keselamatan berkendara beberapa waktu lalu.

Giat tersebut wujud kerja sama Difabel Slawi Mandiri (DSM) dengan Satlantas Polres Tegal.

(Baca Juga: Grab Rangkul Disabilitas Jadi Mitra Pengemudi, Menhub Beri Apresiasi)

Dia menuturkan, kegiatan dalam rangka penerbitan SIM D ini dimulai pukul 08.30 WIB oleh anggota Urusan SIM Unit Regident Satlantas Polres Tegal.

"Sebelumnya ada pelatihan, kini ujian praktiknya. Demi memperoleh SIM D, ada sembilan (9) penyandang disabilitas yang ikut dalam ujian praktik kali ini," jelas Iptu Slamet saat di lokasi tes, dikutip dari Tribunjateng.com.

Dalam praktik tersebut, kata Slamet, para pengaju SIM D akan diuji keterampilan mengemudi meliputi lintasan item teknik pengereman, teknik zig-zag, teknik menghindar, teknik berbalik arah, dan teknik berbelok memutar angka 8.

Editor : Fendi
Sumber : Tribunjateng.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa