Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mantap! Jasa Marga Siapkan 30 Unit Toilet Khusus Disabilitas di 14 Rest Area

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 23 Mei 2019 | 16:19 WIB
Sejumlah fasilitas rest area terus ditambah oleh Jasa Marga guna menyambut arus mudik dan balik lebaran 2019.
dok. Jasa Marga
Sejumlah fasilitas rest area terus ditambah oleh Jasa Marga guna menyambut arus mudik dan balik lebaran 2019.

GridOto.com - Menyambut arus mudik dan balik lebaran 2019, PT Jasa Marga (Persero) bersama sejumlah kelompok usahanya terus meningkatkan layanan di jalan tol.

Sejumlah fasilitas pun mereka tambahkan, salah satunya dengan menyiapkan toilet khusus penyandang disabilitas.

"Kondisi rest area, lebih khususnya toilet, saat arus mudik dan balik kerap terlihat antrean yang cukup panjang. Apalagi, penyandang disabilitas mengalami kesulitan untuk menggunakan fasilitas toilet di rest-rest area tertentu," papar Irra Susiyanti, selaku Corporate Communication Department Head Jasa Marga.

"Maka, keberadaan toilet khusus disabilitas dapat menambah kenyamanan para pemudik yang ingin menuju kampung halamannya, terutama yang melewati Jalan Tol Trans Jawa," imbuhnya, Kamis (23/5/2019).

(Baca Juga: Resmi! Jasa Marga Pastikan Gerbang Tol Cikarang Utama Direlokasi Pada 23 Mei 2019, Tarif Berubah)

Sebanyak 30 unit toilet disabilitas untuk Pria maupun Wanita kini sudah tersedia di 14 titik  rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).

Antara lain TIP 88A Jalan Tol Padaleunyi, TIP 88B Jalan Tol Padaleunyi, TIP 97B Jalan Tol Padaleunyi, TIP 125B Jalan Tol Padaleunyi, TIP 149B Jalan Tol Padaleunyi, TIP 207A Jalan Tol Palikanci.

Lalu TIP 360B Jalan Tol Batang-Semarang, TIP 519A Jalan Tol Solo-Ngawi, TIP 519B Jalan Tol Solo-Ngawi, TIP 575A Jalan Tol Solo-Ngawi, TIP 575B Jalan Tol Solo-Ngawi, TIP 597A Jalan Tol Ngawi-Kertosono, TIP 725A Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, dan TIP 726B Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Toilet untuk disabilitas yang ditambahkan di beberapa titik rest area.
dok. Jasa Marga
Toilet untuk disabilitas yang ditambahkan di beberapa titik rest area.

Jasa Marga juga menambah petugas pengaturan parkir, keamanan dan kebersihan di rest area di seluruh jalan tol miliknya terutama sepanjang Jalan Tol Trans Jawa.

Selain itu, Jasa Marga juga menerapkan Manajemen Rest Area untuk meminimalisir kepadatan di rest area seperti menerapkan sistem zoning, penyediaan informasi parkir melalui Rest Area Monitoring System dan penambahan berbagai fasilitas seperti posko kesehatan dan tempat ibadah.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa