Tikungan Sirkuit Mandalika Berkurang, Kenapa Hanya Ada 17 Saja?

Dia Saputra - Jumat, 15 November 2019 | 09:30 WIB
Ilustrasi sirkuit Mandalika
MCN
Ilustrasi sirkuit Mandalika

GridOto.com - Persiapan untuk gelaran MotoGP Indonesia atau IndonesianGP 2021 yang akan berlangsung di Mandalika kini sudah berjalan 30%.

Sirkuit Mandalika yang berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut sudah dua kali dikunjungi oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

Dilansir dari Otorace.id, Carmelo Ezpeleta sudah dua kali memantau sirkuit Mandalika, terakhir setelah MotoGP Australia 2019 (27/10) lalu.

Carmelo Ezpeleta datang untuk melakukan evaluasi dibuatnya layout dasar dari sirkuit Mandalika

(Baca Juga: MGPA Ajak Rembuk Dorna, Agar Tiket IndonesianGP di Mandalika Terjangkau)

Ia pun meminta untuk mengurangi jumlah tikungan yang semula ada 19 menjadi 17 tikungan.

"Alasannya karena faktor keamanan. Terlalu banyak tikungan, bisa berisiko kecelakaan. Lalu diganti dengan trek lurus untuk menambah aksi overtaking," kata Ricky Baheramsjah, CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) saat ditemui OtoRace.id di Jakpus (14/11).

"Karakter sirkuit yang semula juga dinilai lebih menguntungkan salah satu pabrikan. Kami ubah juga agar persaingan lebih merata," sambung Ricky Baheramsjah. 

Jika menilai omongan yang dimaksudkan pria berkacamata itu, bisa jadi itu adalah pabrikan Yamaha, lantaran motor Yamaha YZR-M1 memang lebih unggul jika sirkuit punya banyak tikungan cepat.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (baju biru) takjub dengan kemajuan pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, NTB (28/10/2019)
istimewa
CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (baju biru) takjub dengan kemajuan pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, NTB (28/10/2019)

Editor : Hendra
Sumber : OtoRace.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa