Aprilia RS660, Supersport Bermesin 2 Silinder Dengan 5 Riding Mode

Harry - Jumat, 8 November 2019 | 14:28 WIB
 Aprilia RS660 munculdi EICMA 2019
EICMA
Aprilia RS660 munculdi EICMA 2019

GridOto.com-Pabrikan motor Italia, Aprilia, akhirnya mengenalkan motor supersport mereka di EICMA 2019, Milan, Italia yakni RS660.

Motor kelas menengah ini merupakan penantang dari Yamaha YZF-R6, Kawasaki ZX-6R, Triumph Daytona 675 dan lainnya yang sudah lenih dulu eksis.

(Baca Juga: Aprilia RS 660, Memiliki Wajah 'Garang' Begini Teaser Videonya!)

Tampilan RS660 kental aura sporty, berkat desain yang diturunkan dari superbike Aprilia RSV4. Lampunya tipis dengan kawalan LED DRL.

Fairingnya model ganda, yang disisi dalamnya terdapat sirip-sirip, untuk meningkatkan downforce ketika melaju pada kecepatan tinggi.

Aprilia RS660 di EICMA 2019
Supermoto8
Aprilia RS660 di EICMA 2019


Tangki yang besar memberikan kesan berotot pada bagian tengah motor. Sedangkan buntut belakang meruncing, dikawal sepakbor yang menggantung.

Aprilia RS660 ditawarkan dengan 2 pilihan warna, yakni hitam merah yang membuatnya semakin sangar, dan paduan biru-merah yang tampil lebih meriah.

RS660 menggunakan rangka aluminium twin-spar baru. Swing arm model asimetris yang mana kanan melengkung sedangkan sebelah kiri lurus.

(Baca Juga: Moncong Knalpot Aprilia Shiver 900 Rapat! Asapnya Keluar Lewat Mana?)

Suspensi depan memakai Kayaba 41 mm yang dapat disetel sepenuhnya, sementara pengereman menggunakan kaliper Brembo menjepit cakram ganda.

Sedang suspensi belakang pakai model monosok yang juga bisa diatur tingkat kekerasannya, lalu rem belakang cakram dengan piston tunggal.

Aprilia RS660 di EICMA 2019
Istimewa
Aprilia RS660 di EICMA 2019


Hadir belakangan, motor ini menawarkan fitur-fitur yang cukup mumpuni. Misalnya panel indikator dengan layar TFT 5 inci, dan bisa terkoneksi dengan ponsel.

Lalu punya 5 buah riding mode, dimana 2 riding mode dipersiapkan untuk penggunaan sirkuit, sedang 3 lainnya untuk penggunaan jalan raya.

Riding mode itu diatur lewat komponen elektronik canggih, serta sudah dikawal IMU untuk menjaga stabilitas dan pengendalian motor di tikungan.

(Baca Juga: Aprilia Shiver 900 Punya 3 Riding Mode, Kenali Perbedaan Karakternya)

Masih kurang? Ada pula kontrol traksi, rem dengan ABS, quickshifter, wheelie control dan engine braking system. Lengkap!

Uniknya, soal mesin Aprilia RS660 ini justru pakai konfigurasi 2 silinder segaris, bukan 4 silinder inline seperti kompetitor sekelas.

Mesin Aprilia RS660
New Atlas
Mesin Aprilia RS660


Mesin berkapastas 660 cc ini menggunakan timing pengapian 270 derajat, dan mampu hasilkan tenaga mencapai 100 dk.

Cuma sayang nih, data untuk torsi hingga kini belum dipublikasikan. Mungkin biar surprise kali ya? Hehehehe...

(Baca Juga: Pakai Pelek Model Baru, Bobot Aprilia Shiver 900 Jadi Lebih Ringan)

O iya, peluang Aprilia RS660 ini untuk hadir di Indonesia termasuk besar loh, karena EICMA selalu jadi patokan PT Piaggio Indonesia untuk memboyong produknya ke Indonesia.

Nah, kita tunggu saja deh ya.

Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa