First Ride Aprilia Shiver 900, Naked Bike Kalem Dengan Performa Buas

Harry - Minggu, 20 Oktober 2019 | 10:00 WIB
Mencoba Aprilia Shiver 900
Rizky/GridOto.com
Mencoba Aprilia Shiver 900

GridOto.com - Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Aprilia punya produk baru untuk pasar Indonesia, setelah PT Piaggio Indonesia (PID) merilisnya.

Kok PID? Iya dong, karena Aprilia merupakan salah satu brand yang bernaung di Piaggio Group, bersama Vespa, Piaggio, Moto Guzzi, Gilera, Derbi, Scarabeo dan Ape.

Aprilia Shiver 900 yang didatangkan secara utuh dari Italia ini merupakan motor naked bike yang punya banyak teknologi canggih dan terbaru loh.

Penasaran seperti apa detail dari motor seharga Rp 560 juta (on the road Jakarta) ini?

(Baca Juga: Moge Naked Aprilia Shiver 900 Sudah Dijual di Indonesia Loh, Penasaran?)

Desain
Bergenre naked bike, tampilan Aprilia Shiver 900 ini justru terlihat kalem, tapi dengan desain yang kekar dan nampak besar.

Lampu depan Aprilia Shiver 900
Harry/Gridoto.com
Lampu depan Aprilia Shiver 900


Tapi wajahnya kalem berkat lampu yang punya bentuk meruncing ke bawah, dengan 2 buah area reflektor atas-bawah. Pantas desainnya kalem banget.

Lampu sein bak anak panah menghias ditiap sisi lampu utama tadi. Oiya, lampu depan dan sein depan masih pakai bohlam tuh, belum LED ya.

Jika wajahnya kalem, maka lihat bagian tangki, kesan garang justru terasa di sini. Tangki dengan cover plastik punya lekuk yang ibarat otot-otot.

(Baca Juga: Kentel Banget! Ini Spesifikasi Oli yang Digunakan Aprilia Shiver 900)

Terdapat pula air scoop di ujung shroud yang berfungsi mengalirkan udara segar menuju kotak filter udara. Tangki BBM-nya juga berbahan plastik loh.

"Jadi kanan-kiri itu cover, nah bagian tengahnya tangki. Jadi bukan tangki besi di dalam yang dibungkus cover," kata Yudi Riswanto, Technical Trainer Manager PID.

Knalpot Aprilia Shiver 900 unik
Harry/Gridoto.com
Knalpot Aprilia Shiver 900 unik

Kemudian jok model menyatu dijamin nyaman untuk dinaiki, soalnya punya busa yang empuk dan ada sedikit sandaran punggung untuk pengendaranya.

Bodi belakang cenderung lebar dengan lekukan tipis, karena harus menutupi knalpot model undertail yang punya perut knalpot besar.

(Baca Juga: Aprilia Shiver 900 Terbaru Punya Bobot Lebih Ringan, Ini Rahasianya)

Yang unik, lubang knalpot ini diarahkan ke sisi kiri dan kanan, supaya hempasan angin knalpot enggak langsung kena pengendara di belakangnya.

Tapi Aprilia mendesain ujung knalpot itu dengan menambahkan ornamen plat berbentuk oval untuk menambah estetika, unik nih.

Lampu belakang berposisi tepat di tengah-tengah knalpot, makanya punya bentuk yang mengikuti lekuk knalpot tadi.

Rangka Aprilia Shiver 900
Harry/Gridoto.com
Rangka Aprilia Shiver 900


Oiya, behel model tanduk di buritan bikin bokong motor semakin terlihat semok dan menambah kesan sporty dari Aprilia Shiver 900 ini.

Hal menarik adalah rangka yang sengaja ditonjolkan, ternyata terdiri dari 3 bagian loh. Wah jarang-jarang nih rangka model begini.

Bagian depan dari komstir sampai tengah mesin, rangka tralis, sedangkan bagian tengah alumunium, lalu rangka belakang (sub frame) pakai tralis lagi.

Editor : Dimas Pradopo

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X