Mazda MX-30 Pakai Suicide Door dan Tanpa Pilar Tengah, Amankah?

Ivan Casagrande Momot - Jumat, 25 Oktober 2019 | 16:22 WIB
Mazda MX-30 pakai pintu suicide door
Ivan Casagrande Momot
Mazda MX-30 pakai pintu suicide door

GridOto.com - Banyak hal menarik terkait SUV listrik pertama Mazda yang diberi nama Mazda MX-30.

Desain SUV listrik ini tampak atraktif dengan skema 3 warna bodi dikombinasi dengan bukaan pintu belakang unik yang disebut freestyle door.

Sederhananya ini model pintu suicide door yang terbuka berlawanan dengan pintu depannya. Bahkan untuk membukanya harus lebih dulu membuka pintu depan.

Pintu belakang suicide door
Ivan Casagrande Momot
Pintu belakang suicide door
"Freestyle door kami rancang dengan banyak alasan termasuk memberikan pandangan yang luas saat pintu dibuka, sejalan dengan konsep Human Modern juga kemudahan menempatkan barang ke jok belakang dan kembali ke jok depan" kata Tomiko Takeuchi, Program Manager pengembangan Mazda MX-30.

Nah yang menggelitik ialah, ada beberpa mobil lain yang mengadopsi bukaan pintu suicide door seperti contoh ialah BMW i3.

Mazda MX-30 usung teknologi e-SKYACTIV
Ivan Casagrande Momot
Mazda MX-30 usung teknologi e-SKYACTIV
Meski dengan tegas Mazda menolak dianggap ikut-ikutan soal gaya freestyle door di Mazda MX-3.

Hal ini merujuk pada model Mazda RX-8 yang sudah meluncur tahun 2003. Dimana aplikasi freestyle door diklaim sukses memberikan keseimbangan anatara desain dan kemampuan mengakomodir 4 penumpang dewasa di kabin RX-8 dengan baik.

Garis desain Mazda MX-30 lebih atraktif
Ivan Casagrande Momot
Garis desain Mazda MX-30 lebih atraktif
Permasalahan utama frerstyle door akhirnya mengerucut pada 2 hal utama yakni absennya pilar tengah, dan keamanan MX-30 saat menghadapi benturan keras dari sisi mobil.

Mazda sendiri mengklaim sudah menempatkan hot stamping (material kokoh dari logam) di dalam pintu belakang yang mampu untuk menahan sekaligus meredam benturan dari samping. Meski konsekuensinya kaca belakang tidak bisa dibuka-tutup.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa