Masalah Satu Ini Sering Terjadi di Mobil Warna Putih, Penasaran?

Radityo Herdianto - Senin, 21 Oktober 2019 | 22:00 WIB
cat mobil menguning
Ryan/GridOto
cat mobil menguning

GridOto.com - Mobil dengan warna putih memberikan kesan mewah dan menarik perhatian secara bersamaan.

Tetapi ada satu masalah klasik yang umum terjadi di mobil dengan warna putih, yaitu gejala yellowing atau warna putih yang mulai menguning.

Apa sih penyebab yellowing pada cat mobil warna putih?

"Jarang diperhatikan pemilik mobil, lapisan terluar clear coat cat mobil itu lama-lama bisa menipis dan hilang seiring waktu pemakaian," buka Jupiter, pemilik workshop detailing HD Car Care Lebak Bulus kepada GridOto.com.

Lapisan clear coat pada permukaan cat mobil memiliki peran sebagai proteksi cat dasar mobil, terutama dari sinar UV matahari.

ilustrasi mobil putih
Ryan/GridOto
ilustrasi mobil putih

(Baca Juga: Pakai Wrapping Sticker di Bodi Mobil, Ini Tips Biar Tetap Awet)

Kalau menipis, peran proteksi warna putih cat mobil terhadap sinar UV matahari akan berkurang bahkan tidak bisa melindungi lagi.

"Tingkat oksidasi permukaan cat dasar semakin tinggi, akhirnya terjadi kusam yang membuat warna putih perlahan terlihat menguning," jelas Jupiter.

Selain dari sinar matahari, yellowing pada warna cat putih juga bisa terjadi karena kotoran atau air menempel di permukaan cat dalam waktu cukup lama.

Kalau tidak segera dibersihkan akan menjadi bercak yang bisa menyerap melalui pori-pori cat sampai ke lapisan cat dasar.

"Bercak inilah meskipun kecil tapi kalau banyak bisa merusak lapisan clear coat dan membuat warna putih jadi terlihat kotor dan menguning," tegas Jupiter.

Editor : Dwi Wahyu R.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X