Harga Wrapping Sticker Mobil Bisa Cukup Mahal? Ternyata Ini Alasannya

Radityo Herdianto - Kamis, 17 Oktober 2019 | 12:00 WIB
Perawatan body wrapping sticker pada mobil cukup simpel untuk dilakukan
Aditya Pradifta
Perawatan body wrapping sticker pada mobil cukup simpel untuk dilakukan

GridOto.com - Melakukan wrapping atau melapisi bodi mobil dengan sticker bisa menjadi alternatif lain pemilik mobil untuk mengganti warna eksterior.

Namun, tidak sedikit pemilik mobil yang beranggapan biaya wrapping sticker cukup mahal, selisih sedikit dari repaint bodi mobil.

Padahal repaint bodi mobil lebih bersifat permanen daripada wrapping sticker yang temporer bisa dilepas sewaktu-waktu.

Menurut Wandy Darmansyah, Owner Graphic Factory Sticker, mahal atau tidak pengerjaan wrapping sticker bodi mobil tergantung dari sudut pandang konsumen.

"Sebenarnya bisnis sticker ini kan bisnis jasa, harus dikerjakan secara profesional dan ada biaya yang harus dibayar untuk jasanya," ungkap Wandy kepada GridOto.com.

BMW M2 Wrapping Sticker di Bengkel Graphic Factory
Graphic Factory
BMW M2 Wrapping Sticker di Bengkel Graphic Factory

(Baca Juga: Ada Jamur di Permukaan Cat Mobil? Jangan Dicuekin Atau Ini Dampaknya)

Wrapping sticker menggunakan bahan sticker yang bervariasi dengan metode pengerjaan yang berbeda dan bertahap tergantung dari penggunaan bahan sticker.

Misalkan cut and heat untuk mengikuti detail lekukan, pemasangan dengan teknik basah atau kering, atau kombinasi warna yang diinginkan konsumen.

"Bahan sticker-nya kan murah, kok bisa jadi mahal? Ada konsumen tanya seperti itu saya balik ke dia minta untuk coba pasang sendiri," ujar Wandy.

Selain itu biaya wrapping sticker juga harus disesuaikan dengan kebutuhkan konsumen.

"Misalnya untuk modifikasi pakai warna sticker yang cukup eye catching dan bervariasi, atau proteksi cat dengan sticker film bening yang harganya bisa Rp 30 juta sampai Rp 50 jutaan," lanjut Wandy.

Editor : Dwi Wahyu R.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X