Baru Tahu, Cara Ini Bisa Bersihkan Memori ECU di Motor Honda

Muhammad Farhan - Selasa, 10 September 2019 | 15:15 WIB
Honda ADV 150 keyless
Honda ADV 150 keyless

GridOto.com – Baru tahu, ternyata proses yang sudah biasa dilakukan pengguna motor ini bisa sekaligus bersihkan memori ECU yang ada di motor Honda.

Proses pembersihan atau reset ECU motor sendiri memiliki banyak manfaat, seperti mengembalikan parameter awal motor yang diatur pabrikan.

Pada awalnya, proses tersebut hanya bisa dilakukan teknisi di bengkel resmi dan hanya dikerjakan saat motor masuk servis saja.

“Saat ini proses tersebut sudah berlangsung secara otomatis untuk sebagian motor Honda keluaran terbaru,” buka Endro Sutarno, Technical Service Division dari PT Astra Honda Motor (AHM).

(Baca Juga: Cara Mudah Cegah Tabrakan Beruntun Saat Naik Motor di Jalan Raya)

Hasilnya, pengaturan ECU bisa kembali ke awal secara rutin dalam waktu tertentu dan motor dapat terus menyesuaikan dengan karakter pengguna.

Proses pembersihan ECU ini terjadi saat pengguna melakukan kontak on off sebanyak 3 kali saat motor dihidupkan dan dimatikan.

Lampu indikator engine check di Honda Vario bisa diatasi dengan reset ECU
Reyhan Firdaus / Motorplus
Lampu indikator engine check di Honda Vario bisa diatasi dengan reset ECU

“Reset ECU bisa dilakukan secara manual kalau diperlukan, contohnya saat habis ada pembongkaran atau penggantian komponen sistem injeksi di motor,” lengkapnya.

Cara tersebut juga dapat digunakan untuk menghilangkan kedipan lampu MIL (Malfunction Indicator Light) atau lampu penunjuk adanya kerusakan.

(Baca Juga: Bushing Swing Arm Oblak Sulit Dikeluarkan? Ini Cara Mudah Melepasnya)

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X