Serba-Serbi Electronic Power Steering: Komponen dan Kerusakannya

Taufan Rizaldy Putra - Kamis, 29 Agustus 2019 | 08:30 WIB
VW Tiguan Allspace dengan electronic power steering yang pintar.
ryan/gridoto.com
VW Tiguan Allspace dengan electronic power steering yang pintar.

GridOto.com - Meski bebas perawatan, sistem kemudi Electronic Power Steering (EPS) tak lantas terbebas dari potensi bermasalah.

Dibalik keunggulannya menyangkut kepraktisan operasi dan efisiensi pada mesin, EPS rupanya memiliki banyak komponen yang cukup rumit dan dapat membuat Anda was-was ketika mengalami kerusakan.

Kali ini GridOto.com akan membahas mengenai beberapa komponen utama dari EPS beserta potensi kerusakan yang dapat muncul.

Modul EPS

Sesuai namanya, komponen ini merupakan pengolah data dari sensor sudut putaran dari setir untuk memerintahkan proses kerja pada sistem EPS.

Kerusakkan komponen ini cenderung sangat jarang, lantaran posisi modul ini biasanya terdapat di bagian dalam dasbor.

Ilustrasi modul eps
Autobild
Ilustrasi modul eps


(Baca Juga: Power Steering Hidraulis vs Elektris, Apa Perbedaan Keduanya?)

Selama dasbor Anda tak terendam air, dan tak terjadi korsleting, komponen ini akan tetap prima. Namun ketika komponen ini rusak, maka sistem kemudi Anda tak akan bekerja sama sekali.

Motor EPS

Komponen ini merupakan pengolah tenaga listrik menjadi tenaga motorik yang akan memutarkan steering shaft sesuai dengan pembacaan sensor sudut putar pada kemudi.

Komponen ini sejatinya merupakan komponen utama dalam sistem EPS. Dengan sumber daya listrik, tentunya komponen ini sangat bermusuhan dengan air.

Jika mobil Anda memiliki motor EPS yang terdapat di bagian rack steering atau di bagian bawah mobil, maka pastikan pelindung air komponen ini tetap bagus agar tak ada air yang merembes masuk ke motor.

Melencengnya derajat sudut putar motor EPS juga dapat terjadi setelah mobil mengalami proses wheel alignment pasca penggantian komponen suspensi dan roda kendaraan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa