Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Kokoh di Puncak, Mitsubishi dan Honda Bersaing Ketat, Intip Nih 5 Merek Terlaris di Indonesia Selama Semester I 2019

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 1 Agustus 2019 | 14:20 WIB
Ilustrasi pembuatan mobil
Kontan
Ilustrasi pembuatan mobil

GridOto.com - Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan retail nasional dari Januari hingga Juni 2019 mencapai 499.573 unit.

Bisa dibilang, angka tersebut terjadi penurunan sekitar 10,8 persen jika dibandingkan periode yang sama 2018 lalu.

Begitupun dengan wholesales-nya yang berada di angka 481.577 unit, atau turun sekitar 13 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yakni sebesar 553.773 unit kendaraan.

Kontribusi penjualan terbesar masih dipegang oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), yang sukses menjadi jawara di enam bulan pertama 2019 ini.

(Baca Juga: Avanza Tumbangkan Xpander, Ini Dia Rapor Penjualan LMPV Semester I 2019)

Selama periode tersebut, angka distribusi berbagai produk Toyota dari pabrik ke dealaer (Wholesales) mencapai 154.360 unit, dengan market share sebesar 32,1 persen.

Begitupun angka penjualan retailnya (dari dealer ke konsumen) yang tercatat sebanyak 156.687 unit dengan market share sebesar 31,4 persen.

Disusul oleh saudaranya yakni PT Astra Daihatsu Motor (ADM) diposisi kedua, dengan angka wholesales sebesar 87.023 unit dan market share sebesar 18,1 persen.

Begitupun untuk penjualan retail-nya, Daihatsu masih berada di posisi kedua dengan mencatatkan angka sebesar 88.026 unit dan market share sebesar 17,6 persen.

Angka penjualan 5 merek otomotif terlaris di semester I 2019 (diolah dari data Gaikindo).
Muhammad Ermiel Zufikar/GridOto.com
Angka penjualan 5 merek otomotif terlaris di semester I 2019 (diolah dari data Gaikindo).

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa