Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Libur Lebaran 2019

Pantas Ramai, Total Kendaraan yang Menggunakan Jalan Tol Trans Jawa Selama Arus Mudik Lebaran 2019 Tembus Sejuta!

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 6 Juni 2019 | 17:59 WIB
Ilustrasi. Gerbang Tol Cikampek Utama.
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi. Gerbang Tol Cikampek Utama.

GridOto.com - Jalan Tol Trans Jawa yang sudah beroperasi secara penuh, bisa dibilang mempermudah masyarakat yang melakukan perjalanan mudik tahun ini.

Hal itu juga yang menimbulkan tingginya minat masyarakat untuk menggunakan jalur darat untuk pulang ke kampung halamannya.

Menurut data yang dikirimkan PT Jasa Marga (Persero), tercatat lebih dari satu juta kendaraan yang meninggalkan Jakarta dengan menggunakan jalan tol yang mencapai 965 kilometer itu.

(Baca Juga: Pantas Sepi, Tercatat Lebih dari Satu Juta Kendaraan Tinggalkan Jakarta Hingga H-2 Lebaran) 

"Total 1.216.859 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur, arah Barat dan arah Selatan sejak H-7 s.d H-1 Lebaran 2019 atau pada hari Rabu – Minggu (29 Mei – 4 Juni) kemarin," papar Irra Susiyanti, selaku Corporate Communication Department Head Jasa Marga.

"Angka ini naik sebesar 26 persen, dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebesar 963.065 kendaraan," imbuh Irra dalam siaran resminya, Rabu (5/6/2019).

Irra menambahkan, untuk distribusi lalu lintas di ketiga arah itu adalah sebesar 57 persen ke arah Timur atau menjadi kontribusi terbesar.

Sisanya sebanyak 25 persen yang menuju ke arah Barat dan 18 persen menuju ke arah Selatan.

(Baca Juga: Tips Pasca Mudik Lebaran, Bersihkan Mesin Pakai Carbon Cleaner)

Untuk rinciannya, sebanyak 691.569 kendaraan yang menuju arah timur atau ke arah jalan Tol Cikopo-Palimanan dan jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Sementara itu, kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Barat via GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang adalah sebanyak 308.311 kendaraan.

Sedangkan untuk jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan atau Lokal via gerbang tol Ciawi Jalan Tol Jagorawi adalah sebesar 216.979 kendaraan.

Irra juga menyarankan para pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan balik nanti agar tetap waspada selama berkendara, perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

Selain itu, pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa