Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masih Ada Ratusan Ribu Kendaraan yang Diprediksi Belum Melakukan Perjalanan Mudik

Muhammad Ermiel Zulfikar - Minggu, 2 Juni 2019 | 21:00 WIB
Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi
Kompas.com
Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi

GridOto.com - Sejak H-7 sampai H-4 jelang lebaran, PT Jasa Marga (Persero) catatkan hampir 750 ribu kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Timur, arah Barat dan arah Selatan.

Irra Susiyanti, selaku Corporate Communication Department Head Jasa Marga mengungkapkan, jumlah lalu lintas untuk keempat hari itu barulah separuhnya.

Sebab pihak Jasa Marga memprediksi lebih dari satu juta kendaraan untuk lalu lintas mudik menuju ketiga arah tersebut, terhitung sejak H-7 sampai dengan H-1 Lebaran tahun ini.

(Baca Juga: Tercatat 750 Ribu Kendaraan yang Meninggalkan Jakarta Selama 4 Hari!)

"Jumlah lalu lintas untuk empat hari ini telah memenuhi realisasi 57 persen dari total prediksi Jasa Marga," papar Irra dalam keterangan resmi Jasa Marga, Minggu (2/6/2019).

"Sehingga terdapat sekitar 559 ribu kendaraan yang masih belum melakukan perjalanan mudik," imbuhnya.

Irra pun mengimbau untuk yang belum melakukan perjalanan mudik agar dapat mengantisipasi waktu keberangkatan, kondisi lalu lintas serta rute perjalanan alternatif lainnya.

Selain itu rekayasa lalulintas seperti one way ataupun contraflow akan dilakukan, jika nantinya dibutuhkan untuk mencairkan kepadatan.

(Baca Juga: Menyayat Hati, 'Tips Mudik' Curhat Perasaan Pemudik Bermotor Asal Bekasi)

"Diimbau kepada pengguna jalan yang menggunakan jalur one way agar terus memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan," kata Irra lagi.

"Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan isi bahan bakar kendaraan sampai penuh sebelum memulai perjalanan," tutupnya.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa