Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Go-Jek Akui Ada Penurunan Order Signifikan Setelah Diterapkan Tarif Baru

Ditta Aditya Pratama - Selasa, 7 Mei 2019 | 07:07 WIB
Ilustrasi Go-Jek
Tribunnews.com
Ilustrasi Go-Jek

GridOto.com - Kenaikan tarif yang dilakukan oleh manajemen ojek online Go-Jek ternyata memberikan dampak penurunan order yang cukup signifikan.

Hal ini dilihat Gojek berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi selama pemberlakuan tarif uji coba.

Tercatat ada penurunan order Go-Ride yang berdampak menurunnya juga pendapatan driver.

Namun sepertinya tarif ini akan terus diberlakukan untuk sementara waktu karena Gojek berkomitmen mendukung keberhasilan dan optimalisasi Kepmenhub no.348/2019.

"Dalam penerapan tarif uji coba ini, kami tetap melakukan berbagai program promosi atau diskon tarif kepada konsumen. Hal ini baik untuk jangka pendek, namun tidak baik untuk keberlangsungan usaha secara jangka menengah dan panjang," ujar Nila Marita, Chief Corporate Affairs Go-Jek dalam siaran pers, Senin (6/5).

(Baca Juga : Aturan Tarif Baru Ojek Online, Go-Jek : Kami Senang dan Sambut Positif)

Subsidi berlebihan untuk promosi atau diskon tarif memberikan kesan harga murah, namun hal ini semu karena promosi tidak dapat berlaku permanen.

Dalam jangka panjang, subsidi berlebihan akan mengancam keberlangsungan industri, menciptakan monopoli dan menurunkan kualitas layanan dari industri itu sendiri.

Ancaman terhadap keberlangsungan industri dapat mengakibatkan hilangnya peluang pendapatan bagi para mitra driver yang tentunya sangat ingin manajemen hindari.

Go-Jek ingin menjaga keberlangsungan industri ini, agar mitra driver terus mendapatkan sumber penghasilan yang berkelanjutan, serta para konsumen terus dapat menikmati layanan aman, nyaman dan berkualitas.

"Kami akan terus laporkan perkembangan terkait uji coba tarif kepada Pemerintah untuk dapat saling memberikan dan menerima masukkan. Kami berharap dapat bersama-sama menciptakan industri yang sehat, sehingga dapat terus mempermudah hidup konsumen serta menjaga pendapatan dan kesejahteraan driver yang berkesinambungan," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul "Gojek: Tiga Hari Penerapan Tarif Baru Terjadi Penurunan Demand"

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa