Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mantap! Menhub Minta Setiap Perumahan Terkoneksi Angkutan Massal

M. Adam Samudra - Senin, 4 Maret 2019 | 10:40 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat peluncuran pengoperasian Bus Bandara Jabodetabek Airport Connexion (JA Connexion) rute Citra Raya-Bandara Soekarno Hatta
BKIP Kemenhub
Menhub Budi Karya Sumadi saat peluncuran pengoperasian Bus Bandara Jabodetabek Airport Connexion (JA Connexion) rute Citra Raya-Bandara Soekarno Hatta

GridOto.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak developer perumahan memfasilitasi angkutan massal bagi warganya untuk mengurangi tingkat kemacetan di perkotaan

Penyediaan bus diharapkan dapat menurunkan penggunaan kendaraan pribadi hingga 60 persen pada tahun 2024.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat peluncuran pengoperasian Bus Bandara Jabodetabek Airport Connexion (JA Connexion) rute Citra Raya-Bandara Soekarno Hatta, di Tangerang.

Budi mengaku penggunaan transportasi umum merupakan keniscayaan bagi masyarakat.

(Baca Juga : Banyak yang Keberatan, Kemenhub Hapuskan Aturan Jam Kerja Ojek Online)

"Warga Citra Raya Tangerang kalau mau ke Bandara yang biasanya menggunakan mobil pribadi, sekarang bisa memakai bus," kata Budi, Senin (4/3/2019).

Menurut dia, satu bus saja bisa melayani hingga 50 penumpang.

"Selain mengurangi kemacetan juga ramah lingkungan," ungkap budi.

Ia juga mendorong pengembang perumahan swasta lain dapat berperan dalam menyediakan angkutan umum massal lainnya bagi kebutuhan warga perumahan.

(Baca Juga : Kemenhub Sebut Penggunaan Karet Bisa Jadi Alat Penyelamat Lalu Lintas)

"Saya mengapresiasi peran Citra Raya dalam menyediakan kebutuhan transportasi umum bagi warga dan membantu pemerintah mewujudkan program naik kendaraan umum," paparnya. 

Ia meminta Perum DAMRI bisa mempromosikan angkutan yang baru diluncurkan tersebut dengan tur gratis ke Bandara pada periode tertentu.

Ada sebanyak 8 armada bus JA Connexion rute Citra Raya Tangerang- Bandara Soekarno Hatta (PP) akan beroperasi mulai pukul 03.00-23.00 WIB setiap hari.

Bus tersebut mulai melayani pada Senin, 4 Maret 2019 dengan tarif Rp. 40.000.

Menhub berharap keberadaan bus JA Connexion tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk beralih ke transportasi umum dan melayani warga Citra Raya Tangerang.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa