Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dishub Akan Siapkan Angkot Malam, Untuk Apa?

Akbar - Selasa, 27 Februari 2018 | 14:51 WIB
Ilustrasi angkot malam hari
Istimewa
Ilustrasi angkot malam hari

GridOto.com - Andri Yansyah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, menyampaikan, pihaknya berencana menyediakan layanan angkot khusus malam hari jika program transportasi umum terintegrasi, OK Otrip, berjalan dengan baik.

Angkutan malam hari (amari) itu nantinya dioperasikan para sopir yang tidak tidak kebagian shift pagi dan sore angkot OK Otrip.

"Kalau seumpama OK OTRIP berjalan dengan baik nanti kita siapkan juga amari (angkutan malam hari). Minimal 10-20 persen trayek yang ada kita siapkan amari," ujar Andri dilansir dari Kompas.com.

Andri mengatakan, saat ini satu angkot biasanya dioperasikan satu sopir.

(BACA JUGA:Mantap! Angkot Pondok Labu-Lebak Bulus Layani OK OTrip )

Namun, sesuai dengan syarat OK Otrip yang mengikuti standar pelayanan minimal (SPM), sopir tidak boleh bekerja lebih dari delapan jam.

Oleh karena itu, menurut dia, jika program OK Otrip berjalan sukses, satu angkot bisa dikendarai tiga sopir yang terbagi dalam shift pagi, sore, dan malam.

Ia juga menyampaikan, nantinya ada penataan trayek yang menyisakan 96 trayek dengan 8.000 sopir.

"Bahkan dari 8.000 kalau seumpamanya 20 persen saja udah jalan semua (OK OTRIP), berarti kita harus siapkan amari kan 20 persen dari 8.000, 1.600, berarti kita butuh segitu lagi. Nanti satu armada tiga sopir," ujar Andri.

Selain mewacanakan amari, Dishub DKI menyiapkan revisi trayek. Untuk angkot saja, menurut dia, ada 157-an trayek dengan 12.500 angkot yang perlu ditata agar rutenya tidak serupa.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dishub DKI Berencana Sediakan Angkot Malam Hari untuk OK Otrip “

 

Editor : Akbar

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa