Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sebuah Patologi Mayoritas: Kebijakan Cabut Larangan Roda Dua Di Thamrin Terlihat Populis, Tidak Ada Kajian Dampaknya

Akbar - Kamis, 9 November 2017 | 14:32 WIB
Anies Baswedan perbolehkan sepeda motor melintas di MH Thamrin
Akbar Keimas
Anies Baswedan perbolehkan sepeda motor melintas di MH Thamrin

GridOto.com - Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan kembali membuka jalur protokol Thamrin-Sudirman untuk kendaraan roda dua, dinilai sebagai kebijakan yang populis.

"Kebijakan tersebut sangat populis menurut saya. Menurut saya itu hanya untuk memperoleh simpati lebih kepada tukang ojek atau pengendara kendaraan roda dua saja, tanpa adanya kajian dampak lebih lanjut imbasnya seperti apa," ujar Pengamat Tata Kota,Nirwono Yoga, saat dihubungi GridOto.com

Menurutnya, kebijakan tersebut hanya untuk menyenangkan sebagian masyarakat, sehingga mengenyampingkan aspek-aspek dari konsep tata kota lainnya yang seharusnya lebih diperhatikan oleh pemerintah, seperti akan adanya dampak kemacetan yang semakin parah di wilayah protokol tersebut.

(BACA JUGA: Izinkan Motor Lewat MH Thamrin, Direktur Instrans Sebut Kebijakan Anies Baswedan Bawa Kemunduran)

"Thamrin akan semakin macet pastinya, berapa juta motor nanti yang bisa menyerbu daerah tengah kota," ujar Nirwono.

Kebijakan yang akan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies tersebut, dinilainya juga cenderung diambil berbeda dengan gubernur sebelumnya.

"Kalau seperti ini terlihat seperti lebih mementingkan suara mayoritas, ingin asal beda, tapi tidak mau mengkaji apakah kebijakan motor yang sekarang ini benar-benar bermanfaat atau tidak," tambahnya.

Untuk itu, Nirwono menyarankan agar pemerintah mengevaluasi dan mengkaji lebih lanjut sebelum menerapkan aturan yang memperbolehkan kendaraan roda dua melintasi jalur protokol di Thamrin.

Peraturan pelarangan kendaraan roda dua di Thamrin yang saat ini diterapkan, menurutnya merupakan suatu kebijakan yang positif.

(BACA JUGA: Anies Baswedan Perbolehkan Motor Lewat Jalan MH Thamrin, Ini Tanggapan Dishub)

Editor : Akbar

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa