Polres Sukoharjo Lakukan Pengecekan Bus Angkutan Mudik Lebaran 2023, Kesehatan Sopir Ikut Dipantau

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 30 Maret 2023 | 15:15 WIB

Jajaran Polres Sukoharjo saat melakukan inspeksi bus di PO Gunung Mulia jelang mudik Lebaran 2023, Selasa (28/3/2023). (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Jajaran Polres Sukoharjo bersama Dinas Perhubungan Sukoharjo, Jawa Tengah, melakukan inspeksi armada bus dan sopir, Selasa (28/3/2023).

Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bus dan sopirnya dalam kondisi prima menjelang masa mudik Lebaran 2023.

Sejumlah perusahaan otobus (PO) di wilayah Sukoharjo menjadi sasaran dalam pengecekan angkutan mudik Lebaran 2023 tersebut, salah satunya PO Gunung Mulia.

Sejumlah kelengkapan bus yang meliputi lampu, wiper, ban, mesin, kabin, sampai surat-surat kendaraan dilakukan pengecekan secara teliti oleh petugas.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, pengecekan dimaksudkan untuk memastikan kondisi bus dalam kondisi laik jalan.

“Bus ini kan juga digunakan untuk mengangkut pemudik nantinya. Jadi harus dipastikan kondisinya benar-benar laik jalan,” ujar Wahyu, dikutip dari rilis yang diterima Kamis (30/3/2023).

Selain pengecekan bus, Wahyu juga menerjunkan tim kesehatannya dari Dokkes Polres Sukoharjo untuk memberikan pengecekan kesehatan kepada para sopir.

“Jadi selain kondisi bus yang baik, kesehatan sopir juga harus benar-benar prima dan baik. Karena nantinya sopir yang akan membawa masyarakat untuk mudik ke wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, mengenai persiapan dalam menghadapi mudik Lebaran 2023, AKBP Wahyu mengatakan jika Polres Sukoharjo akan mendirikan Pos pengamanan (Pospam) di empat titik yang dirasa akan rawan terjadinya kemacetan.

Baca Juga: Jalur Mudik ke Yogyakarta via Kulon Progo Dalam Kondisi Baik, Tapi Harus Waspada Karena Ada Titik Perbaikan

Empat Pospam tersebut akan didirikan di Simpang Patung Jamu Bulakrejo, Bundaran Patung Pandawa Solo Baru, Bundaran Tugu Kartasura, dan Simpang Empat Sanggung.

“Mudah-mudahan dengan upaya-upaya yang kita lakukan ini, selama libur lebaran maupun arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, sehingga para pengguna jalan dapat terlayani dengan nyaman,” pungkasnya.