Ada Program Mudik Gratis Nataru 2023 di Sumut Kuota Ribuan Orang, Begini Cara Daftarnya

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 8 Desember 2022 | 07:10 WIB

Ilustrasi. Pemprov Sumut melalui Dishub gelar program mudik gratis Nataru 2023. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara (Sumut) berencana menggelar program mudik gratis untuk masyarakat yang berminat.

Untuk mengakomodir program mudik gratis Nataru 2023 ini, Dishub Sumut menyiapkan sebanyak 25 unit bus yang akan menampung sebanyak 1.000 penumpang.

Adapun keberangkatan mudik gratis Nataru 2023 tersebut, rencananya dilakukan pada 22 Desember 2022 mendatang.

Kabid Angkutan Jalan Dishub Sumut, Yunus Pasodung menyebutkan kalau program mudik gratis ini merupakan gagasan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Tujuannya jelas untuk membantu meringankan bebas masyarakat, yang berniat untuk pulang kampung guna merayakan Nataru bersama keluarga.

Kabarnya puluhan bus mudik gratis tadi, akan dilepas langsung oleh Edy Rahmayadi bersama Kepala Dishub Sumut, Supriyanto di depan Kantor Gubernur Sumut di Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan.

"Puluhan busnya kami kumpulkan di depan Kantor Gubernur Sumut di jalan utama," sebut Yunus, dikutip dari Tribun-medan.com, Rabu (07/12/2022).

Terkait rutenya, puluhan bus mudik gratis Nataru 2023 itu disebar ke beberapa tujuan yakni Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Samosir, Kabupaten Dairi, Kabupaten Dairi, Kabupaten Madailing Natal dan Kabupaten Langkat.

Tapi perlu diingat, kalau Pemprov Sumut hanya memfasilitasi mudik gratis Nataru 2023 saat berangkat saja.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, Kemenhub Akan Batasi Operasional Angkutan Barang Mulai 22 Desember 2022