Jangan Sampai Beli Mobil Bekas Kondisi Zonk, Konsumen Bisa Lakukan Cara Ini Biar Enggak Tertipu

Harun Rasyid - Sabtu, 29 Mei 2021 | 11:22 WIB

Ilustrasi membeli mobil bekas di showroom (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Membeli mobil bekas dengan kondisi dan harga yang sesuai keinginan, bisa dibilang gampang-gampang susah sob.

Karena itu perlu ketelitian saat membeli mobil bekas di pedagang, showroom maupun platform digital jual beli kendaraan.

Tujuannya demi menghindari penipuan dari mobil bekas yang dijual oleh oknum tak bertanggungjawab.

Namun menurut Delly Nugraha selaku Country Head of Carsome Indonesia, hal itu bisa dihindari jika konsumen selektif memilih tempat atau penjual mobil bekas.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas Harga Rp 30 Jutaan Takut Banyak Minusnya? Segini Biaya Rekondisinya Menurut Pemilik Showroom

"Pertama pilihlah tempat terpercaya yang benar-benar jelas. Misalnya di Carsome itu tempatnya ada, badan hukumnya juga ada dan tentu unit mobil yang dijual juga harus jelas juga," ujar Delly dalam Ngobrol Virtual (Ngovi) bertajuk Cara Aman Jual Beli Mobil Bekas Biar Ngga Zonk, Jumat (28/5/2021).

"Karena konsumen perlu melihat keseriusan dalam suatu unit bisnis dengan hal dan fasilitas apa yang ditawarkan. Lalu ada jaminan yang membuat konsumennya juga percaya terhadap si penjual," lanjut Delly.

GridOto
Ilustrasi mobil bekas yang dijual Carsome Indonesia


Ia menyebut, penjual mobil bekas harus mampu menjamin kualitas barang dagangannya.

"Jadi konsumen harus bisa mengetahui kalau si penjual atau showroom menjamin kualitas mobil bekas yang dijualnya misalnya bebas banjir atau tabrakan enggak? Lalu ia harus terbuka dan transparan ke konsumen. Kalau kami memiliki Carsome Certified yang menjamin mobil lolos inspeksi di 175 titik lolos pengecekan teknis dan non teknis," ucap Delly.