Larangan Mudik Diberlakukan, Bisnis Rental Mobil Sepi Konsumen

Wisnu Andebar - Sabtu, 8 Mei 2021 | 16:32 WIB

Ilustrasi rental mobil (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - PT Semesta Bolo Transindo (Sembodo Rent Car) mengungkapkan, tidak ada lonjakan konsumen yang menyewa mobil dampak adanya larangan mudik Lebaran terhitung mulai 6 hingga 17 Mei 2021.

"Kalau dibandingkan tahun lalu masih sama, permintaan sewa kendaraan untuk periode Lebaran belum ada kenaikan yang signifikan karena ada larangan mudik," kata Kisnanto Hadi Pribowo, Manajer Operasional Sembodo Rent Car kepada GridOto.com, Kamis (6/5/2021).

Oleh sebab itu, saat ini sewa mobil di Sembodo Rent Car lebih mengandalkan permintaan dari perusahaan ketimbang perorangan, yang biasanya dipakai untuk mudik ketika momen Lebaran.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun Dipangkas Berpengaruh ke Bisnis Rental Mobil

"Untuk rental masih biasa-biasa saja, rental harian sekarang berjalan masih didominasi order dari perusahaan," terang Bowo.

Ia mengungkapkan, diberlakukannya larangan mudik tentunya menimbulkan kekecewaan bagi pelaku usaha khusunya di bidang transportasi.

"Kami yang notabene pelaku usaha di bidang transportasi, sebelumnya merasa cukup optimis akan ada kenaikan permintaan sewa kendaraan dengan adanya wacana mudik diperbolehkan," tuturnya.

Baca Juga: Sewa Toyota Fortuner Hingga Mitsubishi Pajero Sport untuk Berlibur, Segini Tarifnya

Ia berharap, pemerintah dapat membuat kebijakan yang mendukung pelaku usaha, khususnya di bidang transportasi.

"Setelah kurang lebih setahun masa pandemi Covid-19 ini, kami berharap pemerintah mampu memberikan kebijakan yang lebih tepat agar pandemi ini tidak berkepanjangan dan segera memulihkan kondisi ekonomi khususnya di bidang transportasi dan pariwisata," pungkas Bowo.