Libur Akhir Tahun Dipangkas Berpengaruh ke Bisnis Rental Mobil

Wisnu Andebar - Selasa, 8 Desember 2020 | 13:01 WIB

Ilustrasi rental mobil (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - PT Semesta Bolo Transindo (Sembodo Rent Car) menyebutkan bahwa adanya pengurangan libur bersama berpengaruh terhadap bisnis rental mobil.

Seperti diketahui pemerintah meminta libur akhir tahun dan pengganti cuti Idul Fitri pada Desember 2020 dikurangi sebanyak tiga hari.

Sehingga pada 28 sampai 30 Desember 2020 yang harusnya libur menjadi tidak libur.

Adanya pemangkasan libur bersama ini bertujuan untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air.

Baca Juga: Perusahaan Rental Mobil Ini Sebut Bisnisnya Mulai Membaik, Toyota Kijang Innova Reborn Paling Diincar

"Untuk periode libur Natal dan Tahun Baru memang ada beberapa order yang sudah masuk. Tapi belum banyak," kata Kisnanto Hadi Pribowo, Manajer Operasional Sembodo Rent Car.

"Mungkin terkait pengurangan cuti bersama akhir tahun dari pemerintah," sambung pria yang akrab disapa Bowo kepada GridOto.com, Selasa (8/12/2020).

Bowo menjelaskan, biasanya customer memesan untuk sewa paket Natal dan Tahun Baru mulai awal Desember sampai puncaknya di seminggu menjelang liburan.

"Jika membandingkan kondisi order Natal dan Tahun Baru baru saat ini dengan tahun lalu jelas masih lebih baik tahun lalu, karena tahun ini masih kondisi pandemi," ungkapnya.

Baca Juga: Perusahaan Rental Mobil Ini Berharap New Normal Bisa Jadi Stimulus Masyarakat untuk Berwisata

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa mobil-mobil yang paling disukai oleh konsumen untuk libur Natal dan Tahun baru berjenis MPV dan SUV.

"Mengenai mobil yang menjadi favorit masih di kelas MPV seperti Avanza, Xpander, dan Innova," sebutnya.

"Lalu kelas SUV kebanyakan memilih Fortuner dan Pajero Sport. Tapi ada juga beberapa yang lebih memilih Alphard," pungkas Bowo