Mengenal Vespa Rat Bike, Aliran Motor ‘Gembel’ yang Kerjaannya Touring Jarak Jauh

Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 8 Juni 2020 | 18:20 WIB

Illustrasi Vespa Rat Bike atau biasa disebut 'Vespa Gembel,' motor kucel yang kerap diidentikan dengan sampah (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Pernah melihat vespa 2-tak dengan bodi penuh karat yang dimodifikasi secara ekstrem di jalan? Kalau iya, kemungkinan besar sobat GridOto baru saja melihat sebuat ‘Rat Bike’ atau biasa juga disebut ‘Vespa Gembel.’

Selain karena tampilan yang biasanya usang, predikat ‘gembel’ yang melekat karena tak jarang di motor ini ada berbagai jenis ‘sampah’ seperti botol oli bekas.

Namun kalau ditelisik lebih jauh, istilah Rat Bike ini sebenarnya jauh dari kata sampah.

“Asal katanya dari bahasa Inggris ‘Rat’ yang artinya tikus, makanya motornya kelihatan kucel, tapi bukan sampah berjalan,” ujar Hanggi Martyas dari de Funkiest Independent Scooter (DFIS) kepada GridOto.com, Senin (8/6/2020).

Baca Juga: Vespa Ceper Bersespan Dihantam Hyundai Avega di Jatinegara, Sopir Mengaku Motor Enggak Kelihatan

Rat Bike mengacu pada konsep menjaga motor agar tetap berfungsi tanpa menghabiskan banyak waktu atau uang, yang menjadi penting karena Rat Bike sering digunakan untuk touring jarak jauh.

Oleh karena itu, kebanyakan perbaikan pada Vespa Rat Bike hanya dilakukan untuk menjaga agar mesin tetap berfungsi.

theguardian.com
Mengenal Vespa Rat Bike, Aliran Motor ‘Gembel’ yang Kerjaannya Touring Jarak Jauh

Modifikasi-modifikasi seperti penambahan sespan dilakukan untuk menunjang kenyamanan si pengendara saat touring.

“Tapi sespan di Vespa Rat Bike itu lebih untuk mengangkut barang, biasanya mesin. Biar dia bisa jual spare part kalau kehabisan uang saat touring,” ujar pria penikmat Rat Bike yang juga pernah menulis karya ilmiah soal aliran motor tersebut.