Ini Dia Penampakan Layout Jalan Tol Yogyakarta-Solo, Akan Ada Jalur yang Terputus

Ditta Aditya Pratama - Jumat, 21 Februari 2020 | 19:41 WIB

Penampakan rencana jalan Tol Yogyakarta-Solo yang melewati simpang Monjali (Ditta Aditya Pratama - )

GridOto.com - Proyek jalan tol Yogyakarta-Solo rencananya akan dibuat elevated atau melayang saat melewati simpang Monjali, Kota Yogyakarta.

Konstruksi tol di Monjali akan dibangun secara etgrade dengan panjang sekitar 1,5 hingga 1,8 km yang akan memutus Jalan Palagan Tentara Pelajar dan Jalan Monjali.

Rencananya arus dari Palagan Tentara Pelajar dan jalan Monjali yang semula hanya lurus saja akan memutar ke arah barat dan timur.

Jalan itu akan dilewatkan terowongan di bagian tol yang masih elevated.

"Tidak hanya (mengubah) atas turun ke bawah. Estitika Jogja harus diperhatikan, karena di situ ada Monjali," ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan Tol Yogya Solo, Wijayanto.

(Baca Juga: Perubahan Trase Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Dibuat Lebih Dekat dengan Bukit Karena Alasan Ini)

Namun demikian, ia menekankan bahwa desain tersebut akan dipastikan lagi saat tahap konsultasi publik.

Kabid Penatausahaan dan Pengendalian Pertanahan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY Agus Triono Junaedi memaparkan dengan perubahan desain trase di Monjali maka mengubah keberadaan on-off tol atau pintu keluar masuk di wilayah itu.

"Tidak ada on-off di Monjali," ujarnya singkat.

Jalan Tol Yogyakarta-Solo akan membentang seluas sepanjang 22,36 Km dari Desa Tamanmartani di Kecamatan Kalasan, ke Desa Tirtoadi di Kecamatan Mlati, Sleman.