Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siap-siap, Akan Ada Rekayasa Lalu Lintas di Tol Cipularang yang Longsor

Ditta Aditya Pratama - Kamis, 20 Februari 2020 | 14:49 WIB
Longsor kecil di Jalan Tol Cipularang
Hilman Kamaludin / Tribun Jabar
Longsor kecil di Jalan Tol Cipularang

GridOto.com - Terkait longsor yang sempat terjadi di Tol Cipularang, pihak PT Jasa Marga dan kepolisian sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Rencananya rekayasa arus lalu lintas itu khusus untuk kendaraan berat di Tol Cipularang KM 118+600 menyusul dilakukannya perbaikan lereng yang mengalami longsor.

Uji coba tersebut akan dimulai pada tengah malam nanti atau pada Jumat (21/2/2020) pukul 00.00 WIB.

Hal itu agar kondisi arus lalu lintas di Tol Cipularang tidak terlalu padat atau tidak terlalu ramai dengan kendaraan.

(Baca Juga: Masih Ada Longsor Susulan di Tol Cipularang, Bina Marga Ungkap Penyebabnya)

Humas PT Jasa Marga, Nandang Elan mengatakan, untuk teknis uji coba rekayasa lalu lintas tersebut akan dilakukan sesuai saran dari Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono yang sudah melakukan peninjauan lokasi longsor.

"Uji cobanya mulai nanti malam dan kami akan pasang kanalasasi. Teknisnya sesuai saran dari Pak Kakorlantas Polri," ujarnya yang dikutip GridOto.com dari Tribun Jabar.

Sesuai saran dari Kakorlantas Polri, uji coba rekayasa lalu lintas untuk kendaraan besar yang melaju dari arah Bandung menuju Jakarta, nantinya akan diarahkan melaju di lajur kanan untuk mengurangi getaran lereng.

"Itu untuk mengurangi beban di lajur dekat lereng, makanya kendaraan berat harus di lajur kanan. Tapi itu bukan di jalur A tapi, lajur kanannya di jalur B," kata Nandang.

(Baca Juga: Imbas Longsor Km 118 Tol Cipularang, Truk Diminta Ambil Jalur Kanan)

Untuk petugas, lanjut Nandang, pihaknya sudah berkoordinasi dengan semua instansi terkait, seperti aparat kepolisian, Dinas Perhubungan hingga perugas dari Bina Marga.

"Untuk waktunya menyesuaikan, yang penting rekayasa ini bisa mengurangi getaran yang di sebelah kiri (lereng longsor). Kenapa rekayasa itu dilakukan tengah malam ? Karena kalau siang hari arus lalu lintas cukup padat," katanya.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono mengatakan, hingga saat ini untuk jalur A atau arah Jakarta menuju Bandung masih tetap normal dan bisa dilintasi kendaraan jenis apapun, begitupun dengan jalur B atau arah sebaliknya atau di titik longsor lereng terjadi.

"Namun, rekomendasi yang kita sepakati bahwa untuk kendaraan berat (jalur B) harus di lajur kanan, kalau untuk kendaraan kelas 1 seperti bus bisa di lajur normal," ujar Istianto saat meninjau lokasi longsor, Selasa (18/2/2020).

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Kendaraan Berat di Lajur Kanan Tol Cipularang Dilakukan Tengah Malam

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa