Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Aman Lewat Contraflow Hal Ini Wajib Diperhatikan, Kalau Ngantuk Gimana?

M. Adam Samudra - Kamis, 11 April 2024 | 13:00 WIB
Sempat ditutup akibat kecelakaan maut, buka tutup contraflow di tol Japek diberlakukan kembali secara normal.
Jasa Marga
Sempat ditutup akibat kecelakaan maut, buka tutup contraflow di tol Japek diberlakukan kembali secara normal.

GridOto.com - Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Opetator Yoga Trianggoro, membagikan tips aman jika masuk ke jalur contra flow.

Menurutnya, jika sedang mengantuk atau kelelahan, agar tidak masuk ke jalur contra flow dan segera ke rest area untuk beristirahat.

"Bagi pengguna jalan yang berada di jalur contra flow, agar memastikan kondisi kendaraan dan pengendaranya dalam kondisi prima," kata Yoga, Kamis (11/4/2024).

Selain itu, menurut dia jika sudah masuk contra flow agar tetap pada lajurnya, tidak berkendara terlalu kiri maupun terlalu kanan.

“Kami imbau pengguna jalan agar disiplin dalam berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan, mematuhi batas kecepatan yang dipersyaratkan dan tidak mendahului kendaraan lain mengingat terbatasnya lajur yang dibuka untuk contra flow,” ujar Yoga.

Ia menambahkan, apabila pengguna jalan mengalami kondisi darurat khususnya di lajur contra flow, hal yang wajib dilakukan adalah menepi di bahu dalam atau lajur paling kiri di lajur contra flow, serta menyalakan lampu hazard.

Dalam kondisi darurat tersebut, pengguna jalan agar menghubungi One Call Center Jasa Marga 14080 untuk mendapatkan bantuan dari petugas.

“Sementara itu, khusus untuk pengguna jalan yang melewati jalur one way, kami imbau untuk tidak euforia dalam berkendara. Tetap mematuhi batas kecepatan yang dipersyaratkan. Dilarang berpindah jalur di lokasi yang tidak seharusnya, dilarang menerobos pembatas untuk berpindah jalur dan juga dilarang untuk pindah lajur secara tiba-tiba. Hal ini tidak hanya membahayakan diri sendiri namun juga pengendara lainnya,” imbuhnya.

Yoga juga mengingatkan pengguna jalan untuk tidak berhenti di bahu jalan saat berada di jalur one way kecuali dalam kondisi darurat.

Baca Juga: Update Harga Ban Toyota Fortuner, Siapkan Sebelum Pulang Dari Mudik

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa