Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Insiden Kejurnas ITCR 1200 : Perseteruan Dua Pabrikan Berlanjut

Didit Abdillah - Rabu, 13 Maret 2024 | 12:44 WIB
Senggolan Abirezky (Honda Brio) menabrak Amato (Toyota GR Agya)
Istimewa
Senggolan Abirezky (Honda Brio) menabrak Amato (Toyota GR Agya)

GridOto.com- Bukan rahasia lagi jika dalam kompetisi balap turing persetruan dua Honda dan Toyota yang kerap terjadi sejak lama.

Terlebih pada era rivalitas Alvin Bahar (Honda Racing Indonesia/HRI) dan Haridarma Manoppo (Toyota Team Indonesia/TTI) pada Kejurnas ITCR 1600 MAX.

Kini keduanya sudah tidak berkompetisi di kelas yang sama, tetapi juniornya masih melanjutkan rivalitas itu.

Hal ini terasa pada ajang Kejurnas Indonesia Touring Car Racing (ITCR) 1200 kala HRI masih melawan TTI yang sudah berganti identitas menjadi Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI).

Kedua tim pabrikan ini sama-sama menerjunkan dua pembalap, HRI dengan Avila Bahar dan Andri Abirezky, pun TGRI dengan duet Jordan Johan dan Amato Rudolph.

Insiden terjadi pada ITCR 1200 ronde pertama (3/2) di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Dalam video berbagai angle, Abirezky yang membesut Honda Brio menabrak Amato Rudolph yang mengendarai Toyota GR Agya pada lap kedua.

Kala itu Amato sedang memimpin balapan dan Abirezky di posisi ketiga kala insiden terjadi di S kecil atau tikungan keenam sirkuit Sentul.

“Kejadiannya cepat banget karena saya sedang di posisi terdepan, lihat di belakang ada Jordan dan tiba-tiba nabrak sampai mobil pun mati, saya muter di tengah lintasan. Berusaha tenang mobil hidup lagi dan saya lanjut balapan, saya lihat Brio merah itu ban depan kirinya sudah patah, tapi belum tahu itu Avila atau Abirezky,” papar Amato menjelaskan kronologi.

Baca Juga: Pembalap Indonesia Tekuk Lutut Dua Pembalap Kejuaraan Dunia di Seri Terakhir Kejurnas Supermoto 2023 

“Setelah dari video ternyata cukup parah insidennya dan kami langsung mengajukan protes. Protes diterima, tetapi tidak ada tindakan bagi pelaku (Abirezky),” lanjutnya. Setelah melakukan protes dan menunjukkan bukti memang cukup lama untuk mengkaji insiden ini.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa