Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berikut Titik-Titik Macet Lebaran 2024, Korlantas Kasih Bocorannya

M. Adam Samudra - Senin, 11 Maret 2024 | 12:15 WIB
Ilustrasi mudik lebaran
Kompas.com/Kristianto Purnomo
Ilustrasi mudik lebaran

GridOto.com - Menjelang masa mudik Lebaran 2024 yang bakal berlangsung beberapa minggu ke depan, Korlantas Polri mulai memetakan titik rawan macet saat arus mudik dan balik.

Hal itu seperti disampaikan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

Ia mengatakan, pemudik yang melewati Tol Trans Jawa harus mewaspadai titik-titik krusial yang ada di Gerbang Tol Cisumdawu.

"Bahwa titik-titik krusial di Jawa Barat yang berpotensi macet dan terjadi kecelakaan, seperti di Tol Cisumdawu, Tol Cipali km 152, dan km 188, dapat dikelola dengan baik saat arus mudik nanti," kata Aan, Senin (10/3/2024).

Dengan begitu, kata dia, arus lalu lintas di titik-titik tersebut diharapkan bisa lancar dan angka kecelakaan dapat ditekan.

Selain itu, Aan mengatakan gerbang tol juga masih menjadi titik permasalahan mudik. Seperti para pengguna jalan lupa mengisi e-toll nya saat saldonya kurang.

"Sehingga ini memperlambat. Ini menjadi perhatian kita, untuk cara bertindak sudah kita persiapkan dan personel yang menangani ini sudah juga kita persiapkan," ujar jenderal bintang dua itu.

Sementara itu, di klaster kedua yakni arteri dan jalur wisata. Aan menyebut, direktorat lalu lintas di masing-masing polda telah memetakan trouble spot di jalur arteri Pantura, Tengah, dan Selatan.

"Ini ada beberapa trouble spot yang potensial terjadi pada saat arus mudik dan arus balik nanti. Namun ini sudah kita petakan dan sudah kita siapkan cara bertindak yang akan kita lakukan, termasuk di jalur wisata," beber dia.

Baca Juga: Persiapan Mudik, Mobil Bekas Daihatsu Terios, Harga Kampas Remnya Mulai Rp 150 Ribuan

Terakhir, klaster penyebrangan. Aan menyebut Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama ASDP telah menyiapkan kantong-kantong parkir guna mengatasi kendaraan yang belum bisa menyebrang baik itu ke Sumatra maupun ke Bali, begitu juga sebaliknya.

"Buffer zone atau kantong kantong parkir ya kami akan atur flow masuk dari buffer zone tersebut masuk ke dermaga. Sehingga, tidak terjadi penumpukan yang akhirnya mengakibatkan arus lalu lintas di luar dermaga di luar pelabuhan ini terimbas, terjadi kemacetan," ucapnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa