Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mudik Pakai Motor Berbahaya Kata Korlantas Polri Ikut Mudik Gratis

M. Adam Samudra - Jumat, 8 Maret 2024 | 11:48 WIB
Ilustrasi Mudik Naik Motor
Istimewa
Ilustrasi Mudik Naik Motor

GridOto.com - Masyarakat yang ingin merasakan mudik dengan kendaraan sepeda motor sudah tidak mendapat larangan dari kepolisian.

Namun, Korlantas Polri mengimbau agar lebih baiknya tetap menggunakan transportasi massal.

Alasan imbauan tersebut karena data yang menunjukkan bahwa sepeda motor merupakan kendaraan yang rawan alami kecelakaan lalu lintas.

"Himbauannya agar tidak menggunakan motor, karena motor bukan diperuntukan untuk perjalanan jauh," kata Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi saat dihubungi GridOto.com, Jum'at (8/3/2024).

Eddy menambahkan, kecelakaan kerap menimpa pemudik yang menggunakan sepeda motor, apalagi membawa penumpang dan barang yang berlebihan.

Tidak jarang ditemukan warga yang memodifikasi kendaraannya agar mampu mengangkut muatan lebih banyak.

"Motor penyimbang terbesar kecelakaan lebih baik naik moda transportasi massal (Bus, Kereta Api ) atau ikut mudik bersama instansi yang mengadakan mudik gratis," tuturnya.

Ia mengakatan ada empat hal tentang keselamatan berlalu lintas yang perlu diperhatikan pemudik motor ketika akan melakukan perjalanan jauh untuk merayakan lebaran di kampung halaman.

Baca Juga: Bisa di Bawa Mudik Lebaran, Harga Mobkas Honda Mobilio di Kisaran Ini

"Yang pertama, pastikan sepeda motor itu sehat. Yang kedua, manusianya juga sehat. Yang ketiga, perlengkapan, helm, kemudian sepatu, jaket untuk melindungi diri,” ungkapnya.

"Yang keempat waktu istirahat, tolong dimanfaatkan betul, karena maksimal dua jam itu sudah lelah, konsentrasi sudah kurang. Jadi, dua jam silakan minggir ke rest area, istirahat. Minimal (istirahat) kalau (naik) sepeda motor 30 menit,” jelasnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa