Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Heboh! Motor Moto3 Kalahkan Rekor Lap Honda NSR500 Valentino Rossi di Sirkuit Jerez

Rezki Alif Pambudi - Sabtu, 2 Maret 2024 | 09:55 WIB
Motor Moto3 kalahkan rekor Honda NSR500 Valentino Rossi di Sirkuit Jerez
MotoGP.com
Motor Moto3 kalahkan rekor Honda NSR500 Valentino Rossi di Sirkuit Jerez

GridOto.com - Motor Moto3 baru saja mengukir sejarah, setelah mengalahkan rekor lap motor 2-tak legendaris Honda NSR500 yang dicetak Valentino Rossi di Sirkuit Jerez.

Catatan tersebut terukir pada hari ketiga tes pramusim Moto3 2024 di Sirkuit Jerez, Jumat (1/3), beberapa hari sebelum digelarnya MotoGP Qatar 2024.

Pada hari terakhir tes pramusim Moto3 dan Moto2 2024 di Sirkuit Jerez, Jose Antonio Rueda dari tim Red Bull KTM Ajo mencatatkan waktu terbaik 1 menit 43,276 detik.

Selain itu banyak pembalap yang juga berhasil menembus angka di bawah 1 menit 44 detik, seperti David Alonso, Ivan Ortola, Ryusekai Yamanaka dan beberapa lainnya.

Sebagian dari pembalap Moto3 tersebut juga berhasil mengalahkan rekor putaran Honda NSR500 yang dikendarai Rossi, dengan rekor lap 1 menit 43,77 detik pada balapan di Jerez 2001 silam.

Waktu putaran pembalap Moto3 tersebut juga sudah mendekati waktu putaran The Doctor, saat pertama kali mencoba Honda RC211V pada akhir 2001 silam di trek yang sama.

Kala itu Rossi mencetak 46 lap pada hari pertamanya mengendarai Honda RC211V, dengan mencetak waktu putaran 1 menit 43,1 detik.

Catatan ini tentu cukup mencengangkan, karena yang dibandingkan adalah motor Moto3 yang dikenal sebagai motor capung, dengan motor 2-tak legendaris di GP500.

Apalagi motor Moto3 juga sudah semakin dekat dengan lap time motor 990 cc pada era awal 4-tak MotoGP.

Baca Juga: Fermin Aldeguer ke Tim Pramac Racing, Gantikan Jorge Martin Atau Franco Morbidelli?

Sehingga bisa dikatakan, berarti kecepatan motor Moto3 sudah setara dengan motor GP500 dalam hal kecepatan melibas putaran.

Berikut hasil hari ketiga tes pramusim Moto3 2024 di Jerez:

Hasil hari ketiga tes Moto3 Jerez
MotoGP.com
Hasil hari ketiga tes Moto3 Jerez

Editor : Hendra
Sumber : MotoGP.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa