Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ratusan Kendaraan Hasil Pengelapan Oleh Oknum Anggota TNI Dirilis Polda Metro, Ini Modusnya

M. Adam Samudra - Rabu, 10 Januari 2024 | 13:26 WIB
Ratusan motor hasil kejahatan yang berhasil diunggkap oleh TNI dan Polda Metro Jaya
Adam
Ratusan motor hasil kejahatan yang berhasil diunggkap oleh TNI dan Polda Metro Jaya

GridOto.com - Direskrimum Polda Metro Jaya bersama pihak TNI berhasil mengungkap penadahan ratusan motor hasil pengelapan, Rabu (10/1/2024).

"Subdit Ranmor Polda Metro Jaya telah berhasil mengungkap dan melakukan penangkapan terhadap para tersangka pencurian dan pemberatan, hal tersebut berdasarkan laporan Polisi pada tanggal 2 Januari 2024, adapun kasus tersebut berawal dimana TKP-nya berada di wilayah Polda Metro Jaya, sementara untuk kejadiannya pada periode Februari 2022- Januari 2024," kata Kombes Wira Satya Triputra, Rabu (10/1/2024).

Kasus ini berawal dari pembuatan Laporan Polisi (LP) dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dengan pelaku utamanya adalah Eko alias EI, seorang warga sipil.

"Dari laporan yang telah kami terima selanjutnya kami melakukan upaya penyelidikan dan berhasil menangkap 2 orang tersangka. Dimana tersangka M berperan sebagai pengepul kendaraan tersebut yang nantinya akan dikirim ke Timur Leste, sedangkan saudara EI merupakan pengepul sekaligus yang memberikan biaya untuk pengiriman ke Timor Leste," sambungnya.

Kendaraan hasil pengelepan yang berhasil diungkap oleh anggota Polri dan TNI
Adam
Kendaraan hasil pengelepan yang berhasil diungkap oleh anggota Polri dan TNI

Wira menambahkan, dari pengakapan tersebut ia kembali melakukan pengembangan yang mana dari pengembangan tersebut ditemukan barang bukti kendaraan roda empat sebanyak 46 unit dan kendaraan roda dua sebanyak 214 dengan berbagai macam merek.

"Sementara kendaraan tersebut sudah kami amankan di Polda Metro Jaya," tuturnya.

Kendaraan hasil penindakan pengelapan di Polda Metro Jaya
Adam
Kendaraan hasil penindakan pengelapan di Polda Metro Jaya

Modus Operandi

Baca Juga: Ada Campur Tangan Oknum TNI, Kodam Brawijaya dan Polda Metro Bongkar Kasus Curanmor Ratusan Motor

Adapun modus operandi dari para tersangka yakni dengan cara membeli, selanjutnya menyimpan dan menampung baik kendaraan roda empat dan roda dua yang didapat dari debitur yang tidak melakukan ataupun tidak memenuhi kewajibannya membayar cicilan.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa