Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bayar Rp 50 Ribu, Sebenarnya Asuransi Pada SIM Wajib Atau Tidak

M. Adam Samudra - Selasa, 24 Oktober 2023 | 10:00 WIB
Ilustrasi Satpas SIM
Dok. Otomotif
Ilustrasi Satpas SIM

GridOto.com - Sejumlah warganet mempertanyakan kehadiran dari Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP) alias asuransi Surat Izin Mengemudi (SIM) saat pemegang SIM hendak membuat maupun memperpanjang SIM.

Bukan hanya itu, warganet juga mengaku mereka secara spontan diminta untuk membayar asuransi SIM milik PT Asuransi Bhakti Bhayangkara tanpa diberikan penjelasan atas manfaat dari asuransi tersebut.

Salah satunya Arany (29) yang mengaku dirinya langsung diberikan asuransi SIM saat memperpanjang SIM beberapa bulan lalu, tanpa adanya penjelasan dan manfaat dari asuransi SIM atau AKDP.

"Pas perpanjang SIM langsung ditawari pakai biaya asuransi SIM, sementara aku nggak tahu benefit-nya jadi aku mau-mau aja," kata Arany kepada GridOto.com.

Ia mengaku saat itu besaran biaya yang dia keluarkan untuk membeli asuransi kecelakaan diri mengemudi sebesar Rp 50 ribu.

Dari pantauan GridOto di beberapa wilayah Satpas SIM di beberapa wilayah memang ada beberapa Satpas yang menawarkan pakai asuransi dan yang tidak.

Asuransi kecelakaan tidak wajib di SIM
Adam Samudra
Asuransi kecelakaan tidak wajib di SIM

Sebenarnya, pengemudi tidak wajib mengikuti asuransi ini.

Hanya saja, pengemudi kadang tidak punya pilihan atau tidak mendapatkan informasi bahwa asuransi itu hanya pilihan, bukan wajib.

Hal itu seperti disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Muhammad Taslim Chairuddin.

Baca Juga: Ujian Praktik Berubah, 70 Persen Pemohon SIM C di Depok Dinyatakan Lulus

"Tidak (wajib), Asuransi yang sifat wajib hanya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas," kata Kombes Pol Taslim kepada GridOto.com, Senin (23/10/2023).

Sekadar informasi, Kartu asuransi itu berlaku sama dengan SIM, yakni selama lima tahun.

Pemegang SIM A/B yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas mendapat maksimal pertanggungan Rp 4.000.000 dan pemegang SIM C Rp 2.000.000.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa