Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Akhirnya Tahu, Sebanyak Ini Kendaraan yang Melintas di Jalan Tol Trans Jawa Setiap Harinya

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 14 Oktober 2023 | 16:30 WIB
Ilustrasi: Segini banyaknya kendaraan yang melintas di Tol Trans Jawa.
Jasa Marga
Ilustrasi: Segini banyaknya kendaraan yang melintas di Tol Trans Jawa.

GridOto.com - Tol Trans Jawa saat ini merupakan tol terintegrasi yang terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Merak, Banten, hingga Probolinggo, Jawa Timur.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, hadirnya Tol Trans Jawa berperan dalam mendukung tercapainya percepatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Indonesia.

"Jasa Marga melalui PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) mengelola 62 persen dari keseluruhan panjang Jalan Tol Trans Jawa, atau sepanjang 676 Km. Tol ini menyambungkan berbagai kota besar di Pulau Jawa dengan kawan strategis seperti bandara, pelabuhan, kawasan industri hingga destinasi wisata," ujar Lisye dalam keterangannya, di halaman jasamarga.com, Jumat (13/10/2023).

Ia mengatakan, selama empat tahun beroperasi sejak akhir 2018, pihaknya mencatat peningkatan Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) yang signifikan seiring dengan terintegrasinya setiap ruas di koridor Tol Trans Jawa.

"Tercatat pada tahun 2019 di awal pengoperasian, LHR Jalan Tol Trans Jawa setelah beroperasi penuh adalah sebesar 1,1 juta kendaraan per hari, meningkat 3,23 persen dari tahun 2018," ujarnya.

Beranjak ke tahun 2020 hingga tahun 2022, selama tiga tahun tersebut LHR Tol Trans Jawa masih mengalami kenaikan di tengah pandemi COVID-19.

"Pada tahun 2021 LHR sebesar 982 ribu kendaraan per hari, dengan kenaikan rata-rata tiap tahunnya sebesar 16 persen," bebernya.

Sedangkan di tahun 2023 hingga triwulan III, LHR Jalan Tol Trans Jawa mencapai 1,11 juta kendaraan per hari, meningkat 3,12 persen jika dibandingkan dengan LHR pada periode yang sama di tahun 2019.

"Jalan Tol Trans Jawa mampu memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi dan sosial Indonesia melalui multiplier effect di berbagai sektor, di antaranya yaitu efisiensi biaya logistik, percepatan konektivitas antar daerah, hingga pengembangan wilayah di sekitar area jalan tol," pungkasnya.

Baca Juga: Minimalisir Kecelakaan Fatal, Ini Cara Kerja Crash Cushion Jalan Tol

Editor : Dida Argadea
Sumber : Jasamarga.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa