Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Baru Sepanjang 143 Km Ini Dirampungkan Akhir 2023, Jalan-jalan ke Danau Toba Tambah Enak

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 9 Oktober 2023 | 15:05 WIB
Ilustrasi: Tol baru Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat atau Tol Kutepat ditargetkan rampung akhir 2023, bisa bikin nyaman perjalanan ke Wisata Danau Toba.
bpjt.pu.go.id
Ilustrasi: Tol baru Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat atau Tol Kutepat ditargetkan rampung akhir 2023, bisa bikin nyaman perjalanan ke Wisata Danau Toba.

GridOto.com - Perjalanan ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba khususnya bagi wisatawan dari Kota Medan, Sumatera Utara, bakal lebih nyaman dengan hadirnya tol baru.

Tol baru yang dimaksud adalah Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) yang saat ini pembangunannya terus dipercepat oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Konstruksi jalan tol mulai dari Kuala Tanjung-Tebing Tinggi hingga Gerbang Tol Sinaksak di Kabupaten Simalungun tersebut ditargetkan selesai 100 persen pada akhir 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, hadirnya jaringan Jalan Tol Kutepat ini memiliki tujuan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan bagi para pengendara.

"Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri," kata Menteri Basuki dalam keterangannya di halaman pu.go.id, Minggu (8/10/2023).

Untuk profilnya, Tol Kutepat ini memiliki ruas jalan sepanjang 143,25 km dan dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) oleh BUJT PT Hutama Marga Waskita.

Pembangunannya terbagi menjadi 6 seksi, yakni Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km saat ini sudah selesai 100 persen, Seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km mencapai 95,36 persen, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan sepanjang 30 km sudah 87,6 persen, dan Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar sepanjang 28 km telah mencapai 68,71 persen.

Sedangkan Seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat diproyeksikan sepanjang 50 km yang merupakan dukungan pemerintah masih dalam tahap finalisasi desain.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Hutama Marga Waskita Ergy Pramadipta menjelaskan, pihaknya tengah menyelesaikan connecting junction Tebing Tinggi yang menghubungkan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (JMKT).

Baca Juga: Kementerian PUPR Rampungkan 5 Tol PSN Baru pada Kuartal Tiga 2023, Ini Daftarnya

Editor : Hendra
Sumber : Pu.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa